AS Akan Gelar Pertemuan Koalisi 68 Negara Anti ISIS

Editor : Endhy

Online24, Washington DC – Bulan ini, Amerika Serikat akan mengundang 68 negara koalisi internasional guna menggelar pertemuan, dalam rangka membahas langkah melawan ISIS di Washington.

Rencana tersebut disampaikan Sekretaris Kementerian Luar Negeri AS, Rex Tillerson, Jumat (10/3/2017).

Dalam pernyataan resminya, Ia menyebutkan bahwa pertemuan yang akan digelar pada 22-23 Maret mendatang, bertujuan mengakselerasikan upaya internasional dalam melawan ISIS di area yang saat ini mengalami masalah, seperti di Irak dan Suriah. Serta memaksimalkan tekanan pada cabang, afiliasi dan jaringan Amerika.

Kementerian Luar Negeri AS menyampaikan, pertemuan itu akan menjadi yang pertama bagi negara-negara koalisi internasional anti ISIS sejak terbentuk Desember 2014 lalu.

“Ini sebuah kesempatan bagi Sekretaris Tillerson menggambarkan tantangan yang dihadapi koalisi di masa mendatang,” ungkap juru bicara Kemenlu AS, Mark Toner.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump telah menandatangani perintah khusus pada 28 Januari, dan meminta Pentagon, pejabat militer, dan pihak terkait untuk mengajukan rencana mengatasi ISIS dalam 30 hari.

Toner mengatakan, rencana detail pembahasan yang akan didiskusikan dalam pertemuan koalisi nantinya masih rahasia, dan ia enggan memberi komentar lebih jauh.

“Kita semua telah melihat kemajuan perlawanan terhadap ISIS, sekarang bagaimana mengetahui capaian itu dan menindaklanjutinya,” tambah dia.