Malaysia Amankan Lima Terduga Teroris asal Filipina

Editor : Endhy

Online24, Kuala Lumpur – Kepolisian Malaysia dilaporkan telah menangkap tujuh orang terduga teroris, termasuk lima warga Filipina, yang diduga terlibat kelompok militan ISIS, Senin (13/3/2017).

Kepala Kepolisian Malaysia, Inspektur Jenderal Polisi Khalid Abu Bakar menuturkan, penangkapan ini terjadi dalam operasi di Sabah pada awal bulan ini. Salah satu tersangka warga Filipina itu memiliki izin tinggal tetap di Negeri Jiran.

Mereka ditangkap lantaran diduga sebagai penggalang dana bagi dua warga Malaysia, Mahmoud Ahmad dan Mohamad Joraimee Awang Raimee, yang telah pergi serta menyatakan diri bergabung dengan ISIS di Filipina bagian selatan.

Dua tersangka warga Filipina lainnya ditahan karena berencana pergi ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS. Keduanya juga dilaporkan telah bersumpah setia berbaiat pada pemimpin kelompok militan Abu Sayyaf, Isnilon Hapilon, di Filipina.

Sementara dua warga Filipina lainnya diciduk polisi karena telah menyelundupkan tiga anggota ISIS asal Malaysia dan Indonesia keluar masuk Filipina melalui Sabah.

Selain warga Filipina, Khalid mengatakan, polisi juga menangkap dua warga Malaysia yang terdiri dari seorang wanita yang merupakan pejabat imigrasi bandara dan pria yang tidak dijelaskan lebih jauh.

Wanita tersebut ditangkap karena diduga kerap membantu sejumlah individu tanpa dokumen, termasuk pengikut ISIS keluar masuk wilayah Malaysia.

Sedangkan pria asal Malaysia ditahan di Bandara utama Kuala Lumpur setelah dideportasi dari Turki. Pria ini berencana memasuki Suriah melalui Turki sejak Oktober lalu dengan bantuan sejumlah anggota ISIS asal Indonesia.

Malaysia telah lama berada dalam status siaga menghadapi kemunculan kelompok teroris dan bersenjata, menyusul serangan teror yang terjadi di Jakarta pada awal 2016 lalu.