Citizen Reporter: Melatih Jiwa Wirausaha Cilik Ala SDIT Insantama Makassar

Editor : ifan Ahmad

Gelaran “Insantama Market Day”, Selasa (14/3/2017), di pelataran gedung  Ipteks, tepi danau Unhas.
Gelaran “Insantama Market Day”, Selasa (14/3/2017), di pelataran gedung Ipteks, tepi danau Unhas.

Online24, Makassar – Wajah ceria, senang dan gembira terlihat dari raut wajah siswa-siswi SDIT Insantama Makassar, saat menggelar “Insantama Market Day”, Selasa (14/3/2017), di pelataran gedung Ipteks, tepi danau Unhas.

Insantama Market day (IMD) adalah kegiatan yang rutin dilakukan oleh SDIT Insantama Makassar yang bertujuan menumbuhkan jiwa pedagang atau bisnis anak didik sesuai tuntunan syariat.

Dalam kegiatan ini murid kelas 3,4 dan 5 bertindak sebagai penjual, sementara yang bertindak sebagai pembeli siswa kelas 1-6. Terdapat aneka produk yang diperjualbelikan seperti makanan minuman, ATK, aksesoris, mainan, hewan peliharaan dan tanaman hias.

Menariknya dalam IMD ada qadhi atau hakim yang bertugas mengawasi ketertiban pasar, mengamankan kalau ada barang-barang yang haram atau tidak thayyib serta menilai kreatifitas masing-masing stand.

Tidak hanya siswa, turut pula beberapa orang tua siswa yang hadir meramaikan agenda IMD kali ini. Kegiatan itu diisi dengan acara penampilan anak-anak SDIT insantama pada panggung ekspresi yang telah disiapkan.

Kepala SDIT Insantama Makassar, Asriyani mengatakan, kegiatan ini sebagai wahana pembelajaran karakter, keterampilan, pengetahuan kewirausahaan yang bermanfaat untuk bekal masa depan anak-anak.

“Kami ingin anak-anak tumbuh sebagai pribadi kreatif dan kaya akan inovasi dalam menghadapi rintangan dan tantangan hidup, dengan tetap berpegang pada syariat Islam,” ujarnya.

Salah seorang guru pendamping, Khadijah mengatakan, acara IMD juga upaya untuk meneladani cara berdagang Rasulullah SAW. Tidak hanya itu, agenda ini juga dilaksanakan demi menumbuhkan Kepribadian Islam (Syakhshiyyah Islam) dalam diri siswa-siswi untuk senantiasa terikat dengan Syari’at Islam dalam kehidupan mereka setiap saat, termasuk dalam transaksi jual beli,” tambahnya. (*)