Program Kampung KB di Desa Pongkeru Sukses Edukasi Warga

Editor : Fahmi
Kampung KB di Dusun Kawasule Desa Pongkeru Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur
Kampung KB di Dusun Kawasule Desa Pongkeru Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur

Online24, Luwu Timur – Sejak tersentuh oleh Program Kampung KB, wajah Dusun Kawasule, Desa Pongkeru, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, kian hari semakin dipoles. Geliat warga di hampir setiap tempat menunjukkan betapa Program ini telah menggerakkan dan memotivasi warga desa untuk ikut terlibat secara aktif dalam program ini.

Dusun kecil dengan total kepala keluarga 98 orang ini, terpilih di penghujung Maret 2016 lalu sebagai wilayah pencanangan Kampung KB untuk Kecamatan Malili, melalui analisa data dan peninjauan langsung oleh Tim Pembina.
“Dusun ini dinilai sangat strategis menjadi daerah tonggak awal pencanangan Kampung KB di Kecamatan Malili dikarenakan mulai dari keadaan geografis, topografi, data demografi, data keluarga berencana, kriteria utama dan kriteria khusus, semua merujuk pada satu kesimpulan yakni daerah tersebut menjadi salah satu wilayah yang patut dikembangkan,” kata I Nengah Sudiasa, Kepala Bidang Komonikasi Informasi dan Edukasi (KIE), Advokasi, dan Data Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Luwu Timur, Rabu (15/03/2017) di Balai Pertemuan Masyarakat Desa Pongkeru.

Menurutnya, beberapa langkah konkrit yang telah dilakukan pihaknya pasca pembinaan. Jumlah akseptor KB yang dulunya hanya berada pada kisaran 29% naik menjadi 57% hanya dalam kurun waktu 6 bulan. Belum lagi kebutuhan keluarga berencana yang belum terpenuhi atau unmeet need, juga berhasil diturunkan dari 38% menjadi 22%, hanya dalam kurun waktu yang sama.

Selain penggiatan program KKBPK, program kampung KB di dusun ini juga terpadu dengan sektor lainnya, seperti pendidikan, kesehatan, pertanian, ekonomi, dan infrastruktur.
“Diharapkan hadirnya seluruh instansi terkait akan mengoptimalkan program kampung KB yang ada di dusun ini,” tambahnya disela-sela pertemuan yang juga membahas persiapan pencanangan yang sedianya akan dihadiri oleh Bupati Luwu Timur, Thorig Husler, pekan depan.

Sementara Koordinator PKB/ PLKB Malili, Supi’i juga menambahkan partisipasi masyarakat di bidang ketahanan keluarga juga menunjukkan angka yang cukup baik. Berangkat dari kisaran persentase 0% pada saat pra pembinaan, dalam artian belum dibentuknya kelompok ketahanan keluarga seperti Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), dan Bina Keluarga Lansia (BKL) pada saat itu, hanya dalam beberapa bulan saja meningkat drastis dengan rincian 67% untuk BKB, 43% untuk BKR, dan 61% untuk BKL.

“Hasil yang cukup menggembirakan ini dapat diraih, karena kegiatan penyuluhan aktif dilakukan oleh rekan-rekan Tim PLKB/PKB kecamatan Malili. Selain iu juga mendapat ┬ádukungan penuh dari pemerintah desa setempat,” kata Supi’i.

Kepala Desa Pongkeru, Muh. Syahrir, mengaku optimis momentum pencanangan kampung KB akan terlaksana dengan baik. “Warga sangat antusias dengan program kampung KB ini. Terbukti, hampir setiap sore hari warga bergotong royong secara aktif,” imbuhnya.(*)