Gubernur Sulsel Resmikan Baruga Karaeng Patingalloang

Reporter :
Editor : Asri Muhammad
Gubernur Sulsel Yahrul Yasin Limpo, Resmikan Baruga Karaeng Patingalloang
Gubernur Sulsel Yahrul Yasin Limpo, Resmikan Baruga Karaeng Patingalloang

Online24,Makassar- Gubenur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, meresmikan Baruga Karaeng Pattingalongan yang berada di halaman Kompleks Rumah Jabatan Gubenur, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis, (16/03/2017). Baruga Karaeng Pattingalloang ini, menghabiskan anggaran mencapai 5.6 Milyar.

“Mari, kita sama-sama meresmikan baruga Pattingalloang,” ujar Syahrul.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur dua periode ini menegaskan jika menjaga kebersamaan dan kedamaian adalah rumus utama untuk menghadirkan Sulawesi Selatan yang lebih baik.

“Kebersamaan menjadi lebih penting untuk menjadikan Sulawesi Selatan tiga kaki lebih Maju, Moderen, dan Mandiri,” ucapnya.

Pada peresmian ini, Syahrul Yasin Limpo didampingi Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang, Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan Irman Yasin Limpo dan sejumlah pejabat pemerintah provinsi lainnya.

Karaeng Pattingalloang merupakan seorang cendikiawan dan diplomat asal Makassar pada abad ke-17. Ia menguasai banyak bahasa asing diantaranya adalah bahasa Latin, Yunani, Italia, Perancis, Belanda, Portugis, Denmark, Arab, dan beberapa bahasa lainnya.

Karaeng Pattingalloang yang bernama lengkap I Mangadacinna Daeng Sitaba Sultan Mahmudn Karaeng Pattingalloang, merupakan salah seorang putera dari Raja Tallo IV I Mallingkaang Daeng Nyonri Karaeng Matoaya diantara 29 orang bersaudara.

Karaeng Pattingalloang adalah seorang Mahasarjana tanpa gelar dan tittle karena pada saat itu belum ada sekolah maka ia belajar secara otodidak. Di masanya, Karaeng Patingalloang menjadi salah seorang ilmuan yang sangat disegani dan dianggap sebagai Galileo dari Makassar.