Citizen Reporter: Siswa SDIT Insantama Makassar Nikmati Serunya Berlayar Dengan Kapal Pinisi

Editor : ifan Ahmad
Siswa SDIT Insantama Makassar di atas kapal pinisi
Siswa SDIT Insantama Makassar di atas kapal pinisi
Online24, Makassar – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insantama Makassar mengikuti edukasi bahari berlayar dengan kapal Pinisi, Kamis (16/3/2017). Melalui program “Pinisi Bagi Negeri” oleh Yayasan Makassar Skalia, puluhan siswa SDIT Insantama Makassar berlayar melalui jalur-jalur laut di sekitar Makassar.
Anak-anak begitu gembira, menikmati ekspedisi yang sarat petualangan serta mengeksplorasi budaya maritim lokal. Program edukasi bahari ini memang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian pelajar terhadap potensi maritim Indonesia serta mewujudkan generasi yang peka terhadap lingkungan laut.
Sejak pagi hari, puluhan SDIT Insantama Makassar sudah berkumpul di Anjungan Pantai Losari. Sebelum menaiki kapal Pinisi, para siswa mendapat penjelasan tentang prosedur keselamatan  di air dan pemberian tes awal.
Dengan dipandu Opai dan nahkoda, Kapten Dirman dari Yayasan Makassar Skalia, selanjutnya para siswa berkeliling sekitar pulau Spermonde. Di atas kapal Pinisi, siswa diperkenalkan sejarah pembuatan kapal Pinisi, diajarkan pula tentang kemaritiman, biota laut dan lain-lain.
Guru pendamping SDIT Insantama Makassar, Suyono mengatakan, edukasi semacam ini sangat bermanfaat untuk pembelajaran langsung kepada anak-anak tentang dunia maritim, juga menambah pegetahuan siswa tentang keberadaan Kapal tradisional khas Sulsel yang merupakan kebanggaan nasional,” ujarnya. (*)