Menristek dan Menpan Kembangkan Padi Anti Hama Burung

Reporter :
Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Kemenristekdikti dan Kementerian Pertanian menjalin kerjasama dalam mengembangkan berbagai produk pangan unggulan. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir.

“Asa padi Gogo yang bisa minta manfaatkan untuk lahan yang kekurangan air. Kami juga terus mengembangkan padi Gogo, yang tadinya hanya menghasilkan 5 ton, kini bisa menghasilkan 10 ton,” ujar Mohamad Nasir.

Selain mengembangkan padi Gogo, kedua kementerian ini juga sedang mengembangkan padi IPBS 3. Padi ini dinilai mampu bertahan dari hama burung.

“Daun dari padi ini tidak kuat sehingga akan jatuh begitu dihinggapi burung. Pohoh nya tidak mudah roboh tetapi mudah dipanen itu sedang. Itu sudah kita kembangkan untuk pembibitanya,” pungkas Nasir usai acara Temu informasi inovasi teknologi pertanian, di Universitas Muslim Indonesia (UMI), Jumat (17/3/2017).

Acara Temu informasi inovasi teknologi pertanian mendukung peningkatan dan percepatan swasembada jagung di kawasan timur Indonesia ini, juga dihadiri oleh Menteri Pertanian Andi Arman Sulaiman dan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.