Rumah Adat di Benteng Somba Opu Tak Terawat

Reporter :
Editor : Asri Muhammad

Online24, Gowa – Sejumlah rumah adat dalam kawasan Benteng Somba Opu, Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Palangga, Kabupaten Gowa yang dibangun di dalam Kawasan Benteng Somba Opu tersebut, nampak sudah mulai terabaikan.

Hal ini terungkap berdasarkan pengamatan online24 jam.com ke situs bersejarah tersebut, terlihat rumah adat Kabupaten Soppeng yang sudah mulai lapuk dan tidak terurus.

Atap rumah yang terbuat dari bambu, sudah mulai bolong dan sebagian atapnya hanya berlapis terpal plastik agar tak kemasukan air saat hujan. Selain itu, salah satu papan penanda di kawasan Benteng Somba Opu juga kurang terurus.

Sekedar diketahui, cagar budaya tersebut merupakan tanggung jawab dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan untuk menjaga peninggalan sejarah tersebut.

Rumah adat tersebut dibangun untuk menjadikan Kawasan Benteng Somba Opu sebagai Taman Miniatur Sulawesi (TMS) pada masa kepemimpinan Prof Dr H A Amiruddin Pabittei sebagai Gubenur Sulawesi Selatan (1983 – 1993). Rumah-rumah adat yang dibangun di dalam areal Kawasan Benteng Somba Opu, yaitu rumah adat Soppeng, Sidrap, Luwu (etnis Bugis), Makassar, Gowa, Bulukumba, Toraja dan Selayar (etnis Makassar).