Kemenag Sidrap Cari Calon Peserta MTQ Melalui Seleksi Tilawatil Quran

Reporter :
Editor : Endhy
Suasana Pembukaan STQ yang diselenggarakan Di Lantai 1 Masjid Raya Kabupaten Sidrap, Senin (20/3/2017).
Suasana Pembukaan STQ yang diselenggarakan Di Lantai 1 Masjid Raya Kabupaten Sidrap, Senin (20/3/2017).

Online24, Sidrap – Ratusan Warga Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap mengikuti Seleksi Tilawati Quran (STQ) tingkat Kabupaten yang dipusatkan Di Masjid Raya Pangkajene Sidrap.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Sidrap, Anggota Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri, Para Kepala SKPD, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sidrap, Alim Ulama dan Tokoh Agama.

Kepala Kemenag Sidrap, Kaharuddin Aras, Selasa (21/3/2017) mengatakan, Kegiatan STQ tingkat Kabupaten ini dilaksanakan berdasarkan hasil STQ tingkat Kecamatan dengan tujuan menyeksi peserta Qori-Qoriah yang akan mewakili Kabupaten Sidrap untuk Musabaqah tingkat Provinsi.

Pengalaman dari kemarin, berkat persiapan kita tahun lalu, Alhamdulillah Peserta Qori-Qoria yang lolos seleksi di tingkat Kabupaten dapat membawa nama baik Kabupaten Sidrap baik tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional.

STQ kali ini sangat berbeda dengan MTQ karena STQ hanya beberapa cabang saja yang dilombakan sementara MTQ semua cabang diperlombakan.

Oleh karena itu, dalam menghadapi lomba MTQ baik tingkat Provinsi maupun tingkat nasional jauh sebelumnya kita sudah pikirkan. Dengan adanya STQ ini kita bisa menyeleksi peserta MTQ yang akan mewakili Kabupaten Sidrap kedepan.

Dalam Kegiatan STQ ini ada beberapa cabang yang diperlombakan seperti Tilawatil Quraan untuk Golongan Anak-anak dan Dewasa, Hifzil Quran yang dimulai dari 1 hingga 10 juz untuk peserta Putra Putri. nSelain itu ada juga lomba Cabang Tafsir Quran, lomba Ceramah dan Vokal Grup.

“Kami hanya berharap mudah-mudahan kedepan kegiatan STQ ini dapat mencetak peserta MTQ untuk tahun ini dan dapat membawa nama baik kabupaten Sidrap baik itu ditingkat Provinsi maupun tingkat nasional,” harap Aras.