Tips Mengetahui Makanan Kemasan Terdaftar di BPOM Atau Tidak

Reporter :
Editor : ifan Ahmad
Kepala BPOM Makassar, Muhamad Guntur
Kepala BPOM Makassar, Muhamad Guntur

Online24, Makassar – Maraknya produk pangan impor maupun dalam negeri yang tidak terdaftar di BPOM tentu saja membuat masyarakat merasa khawatir. Pasalnya produk makanan ilegal yang tidak terdaftar tidak pernah melalui uji mutu dan keamanan.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa terhindar dari produk makanan yang tidak terdaftar di BPOM. Kepala BPOM Makassar, Muhamad Guntur, memberikan tips untuk mengetahui produk pangan tersebut terdaftar atau tidak.

“Di cek saja di bagian kemasan. Ada tertulis ‘BPOM RI’ nah tulisan tersebut diikuti kode berupa dan angka 12 digit atau 15 digit. Contohnya BPOM RI MD 012345678910. Itu artinya dia terdaftar sebagai produk makanan dalam negeri. Kalau misalnya di kemasan tertera ML itu artinya produk makanan dari luar atau impor,” ujar Guntur.

Ia mengatakan angka yang berada dibelakang kode harus berjumlah 12, jika kurang atau lebih maka dipastikan kode BPOM pada makanan tersebut palsu alias makanan tersebut tidak terdaftar di BPOM.

“Lain lagi untuk produk home industri. Kalau produk home industri kodenya adalah PRT (produk ruang tangga) dan angka yang dibelakangnya harus 15 angka,” ungkap Guntur.

Guntur berharap masyarakat yang mendapati produk makanan yang tidak terdaftar harap segera melaporkan hal tersebut kepada BPOM.

“Kami butuh bantuan masyarakat untuk bisa menekan peredaran produk makanan ilegal. Untuk itu masyarakat yang menemukan produk makanan ilegal agar melaporkan ke hotline BPOM di 08411871115,” tandasnya.