Pesona Air Terjun Cabang Tiga Talondo Tallu di Tana Toraja

    Editor : ifan Ahmad
    Obyek wisata air terjun Talondo tallu di Toraja
    Obyek wisata air terjun Talondo tallu di Toraja

    Online24, Toraja – Obyek wisata air terjun Talondo Tallu yang terletak di dusun Sanik lembang balepe’, kecamatan Malimbong balepe’, 30 kilometer dari kota Makale memiliki keunikanya sendiri yakni bercabang tiga dengan menawarkan kesejukan alamnya.

    Air terjun Talondo tallu ini bercabang tiga dengan pertemuan berbentuk kolam alam dengan air yang jernih. Uniknya penjaga atau juru kunci air terjun ini Indo Talando mempunyai rambut terpanjang di Toraja sekitar 7 – 9 meter. Menurut masyarakat kampung (dusun) Sanik, rambut Indo’ talondo sejak berumur 10 tahun hingga berumur 65 saat ini, rambutnya tetap dipelihara, karena gunting biasa tidak mempan untuk memotongnya.

    Indo’ talando yang setiap saat melakukan ritual adat di lokasi Obyek Talondo tallu, untuk menjaga keselamatan bagi para pengunjung, karena konon katanya ada penjaga lain, selain Indo talondo.

    “Dan bagi para pengunjung air terjun Talondo tallu tidak diperkenankan untuk memakai baju warna hitam,” ujar Lepala lembang (desa) Balepe’, Kala’ Lembang.

    Dia menambahkan, dari segi infrastruktur, sarana dan prasarana yang belum mendukung untuk menuju objek wisata air terjun Talando tallu segera dibenahi.

    “Obyek wisata Talondo tallu ini secepatnya dibenahi sarana dan prasarana yang mendukung, baik itu infrastruktur jalan, gazebo dan pondok untuk Indo’ talondo menginap sewaktu-waktu, agar secepatnya mendapat perhatian dari pemerintah,” tandasnya.