Praktisi Pendidikan: Kebocoran Soal Karena Keteledoran

Editor : Lucky
Contoh soal USBN yang bocor

Online24, Makassar – Praktisi pendidikan yang juga politisi Nasdem, Ariella Hana Sinjaya, menanggapi kebocoran soal USBN yang terjadi di Sulawesi Selatan. Menurutnya apa pun penyebabnya, apakah disengaja atau tidak, adalah hal yang memprihatinkan.

“Ini menunjukkan keteledoran, kurang integritas, dan kurang rasa tanggung jawab terhadap kehidupan,” tuturnya, Kamis (23/3/2017).

Lebih lanjut, Ariella Hana Sinjaya mengatakan bahwa dalam perjalanan kehidupan, selalu ada ujian yang mau tidak mau harus dihadapi untuk menuju kedewasaan spiritual dan emosional, entah melalui kesulitan, cobaan, atau berbagai keadaan.

“Bila dalam pendidikan formal di bangku sekolah sudah tidak berani mempersiapkan diri menghadapi ujian dengan memanfaatkan kebocoran, bagaimana bisa berjuang dalam sekolah kehidupan,” tandasnya.

Ariella Hana Sinjaya menambahkan, kebocoran soal USBN juga merupakan indikasi budaya negatif yang suka dinikmati oleh orang-orang yang mau sukses/lulus instan, tanpa harus berjuang.

“Padahal perjuangan akan membuat kita kuat dan cerdas, serta peka terhadap liku-liku kehidupan dan memampukan kita untuk jadi orang yang tangguh,” kata Ariella Hana Sinjaya.

Ariella Hana Sinjaya berharap setiap orang tua dan para pendidik lebih menanamkan pengertian akan makna pendidikan.(*)