Citizen Reporter: PLUT KUMKM Sulsel Gandeng PT Pos Makassar Kembangkan UMKM Digital

Editor : ifan Ahmad
Pelatihan UMKM “Gerakan Online Produk UMKM”,  Kamis (30/3) di gedung PLUT KUMKM Sulsel, Jl. Metro Tanjung Bunga, Makassar.
Pelatihan UMKM “Gerakan Online Produk UMKM”, Kamis (30/3) di gedung PLUT KUMKM Sulsel, Jl. Metro Tanjung Bunga, Makassar.

Online24, Makassar – Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi dan UMKM Sulsel menjalin sinergi dengan PT. Pos (Persero) Makassar dalam mendukung digitalisasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Sulsel. Sinergi ini ditandai dengan menggelar pelatihan UMKM “Gerakan Online Produk UMKM” yang dilaksanakan pada hari Kamis (30/3/2017) di gedung PLUT KUMKM Sulsel, Jl. Metro Tanjung Bunga, Makassar.

 

Dalam kegiatan ini hadir Tia Proklamasiany, selaku Kepala Kantor Cabang Makassar, Manajer outlet Andi Risnawati, Kepala UPTD Balatkop dan layanan usaha terpadu, Abdul Azis Bennu mewakili Kepala Diskop UKM Sulsel dan konsultan PLUT.

 

Dalam kegiatan yang dihadiri puluhan pelaku UMKM ini peserta dibekali materi terkait pengembangan e-commerce, peran PT Pos dalam mendukung logistik dan digitalisasi produk UMKM dan optimalisasi sosial media untuk pemasaran. Kepala UPTD Balatkop, Abdul Azis Bennu mengatakan, Pemerintah terus mendorong para pengusaha yang bergerak di sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kualitas, salah satunya dengan mengadopsi perkembangan teknologi baik di sisi produksi maupun pemasaran.

 

“Pemanfaatan teknologi informasi khususnya internet membuka ruang begitu luas bagi UMKM untuk berkembang lebih mudah menuju pasar global,” ujarnya.

 

“Dengan melek teknologi terutama IT kita harap UMKM bisa naik kelas,” tandasnya.

 

Sementara, Tia dari PT. Pos Indonesia Makassar mengatakan, sebagai perusahaan logistik tertua di Indonesia, PT Pos memiliki jaringan infrastruktur terbaik hingga pelosok, siap pula mendukung digitalisasi produk UMKM dan mengirimkan seluruh pesanan produk e-commerce ke seluruh Indonesia  dan mancanegara. “Pelaku UMKM yang sudah terjun ke e-commerce kita dukung bukan hanya dalam hal kiriman atau distribusi, tetapi kami mengajak pelaku UMKM menjadi Agen Pos,’” katanya.

 

Dalam kesempatan ini di sosialisasikan juga program Nurbaya Initiative dan program diskop UMKM Sulsel untuk pengembangan pasar ekspor. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi pemotretan produk-produk UMKM yang akan dipasarkan secara online. (*)