Peringati Hari Buku Anak Internasional, Pemuda Suppa Prihatin Minat Baca Menurun

Editor : Asri Muhammad

Onlin24, Pinrang – Tanggal 2 April, diperingati sebagai Hari Buku Anak Internasional atau International Children’s Book Day. Penentuan tanggal ini, bertepatan dengan kelahiran pengarang buku anak terkenal di dunia Hans Christian Andersen. Perayaan hari buku anak ini, dimaksudkan untuk menumbuhkan kebiasaan membaca atau memupuk minat baca, dan mengajak kita semua untuk lebih memberi perhatian pada perkembangan buku anak-anak.

Salah satu tokoh pemuda Suppa Amran, mengaku sangat miris melihat kondisi anak-anak yang kurang memiliki minat baca karena semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi, khususnya media sosial yang mengubah gaya hidup anak.

Di kabupaten Pinrang, meski pihak pemerintah telah menyiapkan beberapa fasilitas penunjang seperti mobil perpustakaan keliling, dan perpustakaan taman kota. Namun, minta baca anak masih sangat rendah.

“Bagaimana anak-anak kita bisa bersaing di kota lain, hingga di luar negeri jika minat baca masih sangat kurang,” keluh Amran.

Amran juga menyayangkan, banyaknya anak-anak yang terjerumus dengan narkoba, ngelem, hingga terlibat kasus pencurian. Amran berharap, orang tua dan guru bersama-sama untuk mengawasi anak-anak dari pengaruh buruk terus dan terus meningkatkan minat baca anak.

“Selamat Hari Buku Anak Internasional,” ucap Amran.