Biaya Haji Naik, Empat Layanan Ini Dijanjikan Kemenag Meningkat

Editor : Asri Muhammad
Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin memberikan sambutan saat acara peresmian gedung baru Wisma Asrama Haji Sudiang, Makassar, Rabu (5/4/2017).
Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin memberikan sambutan saat acara peresmian gedung baru Wisma Asrama Haji Sudiang, Makassar, Rabu (5/4/2017).

Online24, Makassar – Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2017 dipastikan naik. Adapun selisih dari BPIH tahun 2016 yang harus ditambahkan para calon jamaah haji (CJH) 2017 sebesar Rp 249.000.

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saefudin mengatakan, perubahan ini disebabkan karena adanya peningkatan kualitas layanan ibadah haji.

“Dibanding tahun lalu, secara nominal ada kenaikan rupiah sebesar Rp 249.000 selisih biaya haji dibanding tahun sebelumnya,” ujar Lukman dalam sambutan saat menghadiri acara peresmian tiga wisma baru di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Rabu (5/4/2017).

“Ini tidak naik. Selisih yang ada jangan dimaknai ada kenaikan. Ada perubahan biaya karena peningkatan layanan. Itu bentuk konsekuensi logis dari peningkatan pelayanan,” ujarnya lagi.

Disampaikan Lukman, ada empat hal yang diupayakan kualitasnya meningkat demi kenyaman CJH menunaikan rukun Islam kelima ini di tahun 2017.

“Adapun peningkatan pelayanan tersebut yakni pertama adalah penambahan konsumsi makanan jamaah haji. Kedua, yang tidak ada ditahun sebelumnya, pengadaan pembelian sarapan. Jadi akan ada paket sarapan bagi seluruh jamaah haji kita ketika berada di Mekkah selama 12 hari,” bebernya.

“Ketiga, peningkatan kualitas bis yang akan digunakan oleh seluruh jamaah ketika mereka mendarat di Madinah menuju hotel masing-masing. Begitupun sebaliknya, dari hotel-hotel mereka di Madinah di wilayah Makasiah menuju Bandara Madinah,” sambungnya.

“Dan yang tidak kalah pentingnya, Insya Allah ini sudah mendekati realisasi. Tahun ini pengadaan tenda-tenda, penyejuk udaranya berikut lamou-lampunya akan jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Yang pokok adalah tahan api dan mampu menyerap panas lebih baik dan rangkanya dari tiang besi yang kokoh,” tambahnya.

“Mudah-mudahan ini mampu menambah kenyaman para calon jamaah haji kita. Itulah kenapa kami memaknainya perubahan atau penambahan biaya, bukan kenaikan karena dari segi pelayanan ada perbaikan,” harapnya disambut tepuk tangan hadirin.