Banser NU Pinrang Tolak Tabligh Akbar HTI Yang Akan Digelar di Makassar

Reporter :
Editor : Fahmi
Pengurus Banser Ansor NU Pinrang saat  audiens bersama Kapolres Pinrang, AKBP Leo Joko Triwibowo
Pengurus Banser Ansor NU Pinrang saat audiens bersama Kapolres Pinrang, AKBP Leo Joko Triwibowo

Online24, Pinrang – Terkait rencana aksi pawai dan Tabligh Akbar yang akan digelar Ormas Hizbut Thahrir Indonesia (HTI) dengan Tagline Masirah ‘Panji Rasulullah’ pada hari Minggu (16/4/2017) mendatang di Lapangan Karebosi, Makassar, Banser Ansor Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Pinrang dengan tegas menyatakan penolakannya dengan hal tersebut.

 

Penolakan tegas itu disampaikan Pengurus Banser Ansor NU Pinrang saat menemui langsung Kapolres Pinrang dan Dandim 1404 Pinrang, Senin (10/4/2017).  “Kami nyatakan sikap menolak dengan tegas aksi pawai dan tabligh akbar yang akan dilaksanakan HTI di Makassar,” kata Hasbar, Ketua Ansor NU Kabupaten Pinrang.

 

Lanjut Hasbar mengatakan, paham HTI yang diduga ingin mengganti ideologi Pancasila dengan melahirkan negara Khilafah berlandaskan ideologi Islam sangat tidak dibenarkan.

 

“Banser Ansor siap menghadang setiap gerakan HTI yang menyimpang, namun kami tetap mengedepankan koordinasi dengan pihak TNI – Polri,” tegasnya.

 

Hasbar juga meminta, pihak TNI dan Polri bisa meningkatkan pemantauan dan pengawasannya akan pergerakan dan perkembangan Ormas HTI di Kabupaten Pinrang.

 

“Antisipasi dini kami harap dioptimalkan oleh pihak TNI – Polri. Kami siap berbagi informasi jika memang diperlukan. Bagi kami, NKRI dan Pancasila harga mati,” tegasnya.

 

Menyikapi pernyataan tersebut, Kapolres Pinrang, AKBP Leo Joko Triwibowo mengatakan, Polri sebagai pihak keamanan, khususnya Polres Pinrang akan berada di posisi tengah. Apabila ada kegiatan atau pergerakan HTI di Kabupaten Pinrang yang mulai menyimpang dari aturan dan Undang-Undang pasti akan ditindak. Kalau tidak, lanjut Leo, pihaknya hanya sebatas memantau dan mengawasi.

 

“Kami pasti bergerak dan bertindak jika ada Ormas atau kelompok tertentu yang akan merongrong Pancasila dan NKRI,” tegas Leo.

 

Hal serupa juga ditegaskan Dandim 1404 Pinrang, Letkol Sapta Budhy Purnama. “Kami menyambut baik pernyataan Banser yang ikut siap menjadi garda terdepan dalam membela Pancasila dan keutuhan NKRI,” imbuhnya.

 

Sapta menambahkan, dirinya mengajak seluruh lapisan mayarakat untuk bersama-sama memantau dan mengawasi, “kalau memang ada yang berani merongrong NKRI, kita pasti bertindak sesuai arahan pimpinan TNI,” tegas Sapta.