Begini Cara Satlantas Polres Sidrap Cegah Siswa Konvoi Usai UN

Reporter :
Editor : Fahmi
Penyuluhan berlalulintas usai UN
Penyuluhan berlalulintas usai UN

Online24, Sidrap – Ujian Nasional digelar serentak di seluruh Indonesia sejak Senin lalu dan berakhir hari ini, Kamis (13/4/2017). Momen berakhirnya UN tak jarang digunakan para pelajar menggelar aksi konvoi di jalan-jalan sehingga dampaknya bisa membuat pengguna jalan lainnya terganggu bahkan pula bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan.

Namun Satlantas Polres Sidrap punya cara tersendiri untuk mencegah aksi konvoi para pelajar tersebut, yakni dengan mengumpulkan siswa peserta UN diberi penyuluhan tentang berlalu lintas, seperti yang dilakukan di SMA Negeri 1 Panca Rijang.

Kasat Lantas Polres Sidrap, AKP. Muhdar, melalui Baur SIM, Aiptu H.Alwi, mengatakan penyuluhan dilakukan setelah para peserta UN itu pulang dari sekolah.

“Jadi setelah selesai mereka UN kita langsung kumpulkan, kalau tidak begitu mereka langsung pulang dan bisa jadi mereka konvoi dan itu bahaya,” katanya.

Kepada para pelajar, Iptu Alwi menjelaskan bahaya konvoi dan berkendara dengan ugal-ugalan, karena dapat mengganggu pengguna jalan lain dan juga bisa membahayakan diri sendiri jika terjadi kecelakaan, karena kata dia selain bisa rugi materi bahkan yang terparah bisa kehilangan nyawa.

“Kami berharap upaya yang kami lakukan efektif sehingga anak-anak kita sadar dan tidak melakukan aksi konvoi dan ugal-ugalan, kepada mereka kami sosialisasikan juga cara berlalu lintas termasuk E-Tilang,” pungkasnya.

 

[fbcomments]