Ratusan Kicau Mania Ikuti Kontes Burung Berkicau di Sidrap

Reporter :
Editor : ifan Ahmad

Lomba dan pameran burung berkicau Bupati Cup I yang diselenggarakan oleh Komunitas Kicau Mania Sidrap (KMS)
Lomba dan pameran burung berkicau Bupati Cup I yang diselenggarakan oleh Komunitas Kicau Mania Sidrap (KMS)

Online24, Sidrap – Ratusan kicau mania memeriahkan lomba dan pameran burung berkicau Bupati Cup I yang diselenggarakan oleh Komunitas Kicau Mania Sidrap (KMS) Kabupaten Sidrap, dan disponsori oleh Pemkab Sidrap, DPRD dan sejumlah pendukung lainnya yang diselenggarakan di pelataran Cafe Tenda Ganggawa, Minggu (16/4/2017).

Ratusan jenis burung ini didatangkan dari berbagai daerah provinsi di Indonesia seperti, Sulsel, Sulbar, Sulteng, Sultra dan Kalimantan,” ungkap Jumardi, panitia kontes.

Dalam kegiatan ini ada 35 jenis burung yang diperlombakan di kontes tersebut yaitu, Kenari kecil, Love Bird A, Murai Buta Bebas, Kacer, Cucak Ijo, dan puluhan lainnya.

Sistem penilaian burung berkicau ini, memiliki kriteria tersendiri oleh tim juri independen, 4 tim huri dari Pusat. “Mereka terdiri dari beberapa orang untuk menentukan burung yang di nilai tersebut paling merdu kicauannya,” ungkap Jumardi.

Dalam lomba ini pihak panitia menyediakan piala dan tropi serta uang pembinaan jutaan rupiah untuk para pemenang. Untuk juaranya itu, terdiri dari berbagai kategori dan kelas, yang diperlombakan seperti KMS, Ebod Strong, Los Gantangan, Ebod Jos dan Kelas Sidrap,” sambungnya.

Burung-burung yang ikut lomba harganya mencapai puluhan juta seperti, jenis Murai, Borneo yang paling mahal. Harganya berkisar Rp 25 Juta. “Lain lagi Kalau menang kontes, harganya otomatis terdongkrak naik,” pungkasnya.