Akibat Selfie, 4 Orang Meninggal Dunia di India

Editor : Endhy
Ilustrasi Selfie
Ilustrasi Selfie

Online24, New Delhi – Dilaporkan empat orang meninggal dunia di salah satu stasiun kereta api di India timur. Keempatnya meninggal ketika sedang mencoba untuk melakukan swafoto, atau selfie di depan pintu kereta yang baru berhenti.

Kejadian ini berawal ketika lima orang pemuda ingin mengambil foto selfie di pintu sebuah kereta yang baru berhenti. Lalu tiba-tiba salah satu pemuda terpeleset, dan jatuh ke atas rel. Tiga orang temannya melompat untuk membantu. Namun nahas, tiba-tiba sebuah kereta api melintas dan menghantam keempat pemuda itu.

Juru bicara kantor kereta api India timur Rabi Mahapatra menyatakan, pihaknya telah berulangkali mengingatkan para pengguna kereta api untuk tidak berfoto di dalam stasiun, khususnya di dekat rangkaian kereta dan rel. Namun, peringatan tersebut tidak terlelu direspon oleh masyarakat.

“Kami telah meluncurkan kampanye di berbagai platform media untuk mendesak masyarakat agar tidak menggunakan telepon atau mendengarkan musik saat melintasi rel kereta api dan tidak untuk mengambil foto saat bepergian dengan kereta,” kata Rabi Mahapatra.

“Fotografi di dalam stasiun kereta api dan di dalam kereta sejatinya sudah dilarang, karena ini dianggap daerah terlarang. Namun, dengan munculnya kamera ponsel, orang sering mengambil foto selfie,” sambungnya.

Rabi Mahapatra kemudian memperingatkan penumpang yang melanggar aturan akan mendapatkan tindakan keras.

India merupakan negara dengan jumlah kematian tertinggi terkait selfie, diikuti oleh Rusia, Pakistan, dan Amerika Serikat, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Carnegie Mellon University. Sesuai penelitian, 127 orang meninggal antara Maret 2014 dan September 2016 saat mengambil foto selfie.