Bos AHM: Sidrap Pusat Otomotif di Indonesia

Editor : Lucky
Pebalap Honda Siap mengikuti Kejurnas NasDem Sidrap Prix FDR Night Race di Sirkuit RMS Puncak Mario, Sidrap, Sabtu (31/12/2016) malam
Pebalap Honda Siap mengikuti Kejurnas NasDem Sidrap Prix FDR Night Race di Sirkuit RMS Puncak Mario, Sidrap, Sabtu (31/12/2016) malam

Online24, Sidrap – Sejak di tangan Rusdi Masse, Kabupaten Sidrap telah melangkah jauh dibanding kota kota lain di Sulawesi Selatan. Sejumlah event otomotif mengantar kabupaten Sidrap menjadi pusat otomotif di Indonesia.

Hal ini diakui sendiri oleh Presiden Direktur Astra Honda Motor (AHM), Mr Toshiyuki Inuma, saat mengunjungi Sidrap pada penghujung 2016 lalu.

“Sidrap memang pusat otomotif di Indonesia,” ungkap Toshiyuki di hadapan RMS. Dengan dasar itulah, Honda internasional selalu memilih Kabupaten Sidrap sebagai daerah untuk menggelar event event motor Honda.

Selain Honda, pabrikan motor raksasa dunia lainnya juga kerapkali menggelar even di daerah lumbung pangan tersebut. Bupati Sidrap RMS memang getol di dunia otomotif. Ia selalu memberikan ruang bebas di daerahnya untuk menggelar even-event yang berhubungan dengan otomotif.

“Ini secara tidak langsung kita mendapat pengakuan dunia internasional. Kalau mau daerah terkenal kan kembangkan olahraga atau wisata. Nah, saya pilih olahraga,” ujar Rusdi Masse.

Jadi pantas saja jika event organizer (EO) selalu menyasar Sidrap untuk mengenal even otomotif. Seperti autocontes yang berlangsung Minggu (15/4/2017) kemarin.

Bukan cuma itu, even-even balapan lainnya juga kerapkali berlangsung di daerah itu. Hal ini terlihat dari pengakuan PP IMI yang menunjuk Sidrap menggelar kejuaraan nasional balap motor yakni Kejurnas Motoprix dan Sidraprix. Ajang kejurnas dikhususkan mencari pebalap pebalap muda untuk PON di seluruh Indonesia.

Sementara Sidraprix merupakan pengganti even Indoprix. IMI pusat menunjuk Sidrap menggelar event Tersebut selama tiga tahun. Setidaknya di kabupaen Sidrap saat ini terdapat dua sirkuit. RMS land dan Puncak Mario Sidrap.

Rangkaian even otomotif nyaris berlangsung tiap bulan di Kabupaten Sidrap. Bukan sekedar even balapan, adventure, dan lainnya, namun untuk sekedar launching motor dari pabrikan Honda pun menggelarnya di Kota Pangkajene Sidrap.

Apa hasil dari even otomotif selama berlangsung di Sidrap? Selain Kabupaten Sidrap dikenal di mancanegara, Sidrap juga telah menelorkan pebalap-pebalap yang kini berlaga di level internasional. Seperti Herman Bas, Awin Sanjaya, dan AM Fadli yang kini terjun di ajang Asia Road Racing Championshif dan Lucky Kadi di ATC 2017.(*)

[fbcomments]