Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Hadiri Roadshow Kompetisi Food Startup Indonesia di Makassar

Editor : Asri Muhammad

Direktu Akses Non Perbankan Bekraf, Sugen Santoso
Direktu Akses Non Perbankan Bekraf, Sugen Santoso

Online24, Makassar – Direktorat Akses Non Perbankan, Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif menggelar roadshow sosialiasi kompetisi Food Startup Indonesia (FSI), di Ballroom Hotel Swiss Bell Makassar, Jalan Ujung Pandang, Jumat (21/4/2017).

Dalam sosialisasi yang dihadiri oleh puluhan pelaku usaha ekonomi kratif di bidang kuliner yang ada di Kota Makassar ini, penyelenggara menggandeng Direktorat Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi.

Direktur Akses Non Perbankan Bekraf Sugen Santoso mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi pelaku bisnis yang menyediakan jasa atau produk kuliner selama satu hingga lima tahun kedepan, memiliki ide kreatif, rekam jejak transaksi atau priduksi, inovasi produk, model bisnis yang unggul, traksi (traction) dan segmen pasar.

“Kami ingin menjaring potensi pelaku usaha ekonomi kreatif sub sektor kuliner dari berbagai daerah di Indonesia melalui FSI,” kata Sugen Santoso.

Tidak hanya itu, Bekraf Indonesia juga memfasilitasi pelaku usaha ekonomi kreatif untuk meningkatkan kapasitas melalui kompetisi FSI.

“Jadi pelaku usaha yang mendaftar di FSI akan mendapatkan mentoring terkait beberap hal. Seperti, membuat pitch deck yang sesuai dengan kriteria dan bagaimana cara mempresentasikan sehingga menarik investor,” ungkapnya.

“Mereka yang lolos kemudia akan mengikuti mentoring dan pitching dalam Demoday yang akan digelar di Bali, 22 hingga 24 Mei 2017 mendatang, dan di Bandung 17 hingga 19 Juli 2017 dengan memaparkan pitchdeck dihadapan mentornya,” lanjutnya.

Sugen berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan ekosistem ekonomi krearif dibidang kuliner dan memberikan akses permodalan bagi pengembangan usaha ekonomi kreatif sehingga meningkatkan nilai tambah produktivitas.

Makassar adalah kota ketiga yang disambangi Bekraf Indonesia, setelah Medan dan Lombok, dua pekan lalu.