12 Personil Paramiliter Tewas Dibunuh Pemberontak Maois di India

Editor : Endhy

Online24, New Delhi – Pemberontak Maois, Senin (24/4/2017), diduga telah membunuh 12 orang personil paramiliter di daerah terpencil di India tengah. Polisi India menyatakan, serangan tersebut merupakan kasus terbaru di India.

Sekelompok personil paramiliter sedang mengawasi para pekerja jalan di distrik Sukma, negara bagian Chhattisgargh, yang telah menjadi sarang kekerasan pemberontak Maois.

“Sejauh ini, 12 personil CRPF (Central Reserve Police Force) meninggal dunia dalam serangan Maois,” kata juru bicara kepolisian, Bhagwati Singh.

“Tim kami telah ditugaskan di sana, kami akan mendapat informasi selanjutnya tentang situasi tersebut,” tuturnya.

Singh tidak dapat mengkonfirmasi laporan di media lokal bahwa setidaknya enam anggota pasukan komando telah menderita luka parah dan sedang diterbangkan ke tempat yang aman. Insiden tersebut merupakan yang terakhir dalam konflik yang berlangsung lama antara gerilyawan dan pihak berwenang India di hutan dan daerah pedesaan di India bagian tengah dan timur.

Pada bulan lalu, pemberontak Maois membunuh 11 polisi paramiliter di negara yang sama setelah menyergap konvoi polisi tersebut.

Kelompok gerilyawan Maois, yang mengatakan bahwa mereka memperjuangkan hak-hak masyarakat adat dan petani yang tak memiliki lahan, sering mengumpulkan dana lewat pemerasan.

Maois diyakini bergerilya di setidaknya 20 negara bagian, tapi paling aktif di Bihar, Chhattisgarh, Maharashtra, Orissa dan Jharkhand.

Serangan pemberontak Maois ini selama puluhan tahun diyakini telah menyebabkan puluhan ribu jiwa melayang. Terutama di wilayah sekitar “Red Corridor”, suatu bentangan wilayah yang didominasi pemberontak, mulai dari India tengah hingga timur.

Para kritikus percaya bahwa usaha untuk mengakhiri pemberontakan Maois melalui peningkatan serangan keamanan yang ketat pasti akan mengalami kegagalan.

Mereka mengatakan bahwa solusi yang tepat ialah melakukan penataan tata kelola pemerintahan dan pembangunan daerah yang lebih baik.