Menhan AS Adakan Kunjungan Dadakan ke Afganistan

Editor : Endhy

Online24, Kabul – Jim Mattis, Menteri Pertahanan Amerika, dikabarkan telah tiba di Afghanistan dalam kunjungan dadakan yang tidak diumumkan sebelumnya, guna membicarakan kondisi keamanan negara tersebut bersama para pemimpin militer dan politik.

Diperkirakan, Mattis akan menemui Jenderal Amerika John Nicholson, panglima lapangan bagi pasukan internasional di Afghanistan, serta Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani dan para pejabat tinggi lainnya.

Kunjungan tersebut dilakukan beberapa hari setelah sekitar 10 militan Taliban menewaskan sedikitnya 140 orang dalam serangan pemberontak yang paling banyak menjatuhkan korban dalam 16 tahun terhadap pangkalan militer Afghanistan.

Militan tersebut mengenakan seragam tentara Afghanistan ketika mereka tiba di markas daerah Tentara Nasional Afghanistan di Mazar-is-Sharif, ibukota provinsi Balkh.

Juru bicara Kementeri Pertahanan Afghanistan, Jenderal Mohammad Radmanesh mengatakan, para militan itu diizinkan masuk ke pangkalan tersebut tanpa pemeriksaan yang wajar setelah adanya permohonan perawatan mendesak bagi seorang pria yang berlumuran darah dalam kendaraan mereka.

Taliban telah mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, dan mengatakan bahwa serangan itu merupakan bentuk pembalasan atas pembunuhan baru-baru ini terhadap para gubernur bayangan Taliban untuk provinsi Kunduz dan provinsi Baghlan.