Mapala UMI Tanam 100 Bibit Pohon di Kawasan Bantimurung-Bulusaraung

Editor : ifan Ahmad
Mapala UMI bersihkan jalur pendakian Taman Nasional Bantimurung - Bulusaraung
Mapala UMI bersihkan jalur pendakian Taman Nasional Bantimurung - Bulusaraung

Online24, Pangkep – Dalam rangka memperingati hari bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April, Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, melakukan aksi peduli lingkungan dengan menanam 100 bibit pohon di kawasan pendakian Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, Kabupaten Pangkep.

Kegiatan yang turut melibatkan masyarakat sekitar tersebut berlangsung sejak Sabtu, (22-24/04/2017) kemarin. Kegiatan tersebut merupakan aksi nyata untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali oleh seluruh mahluk hidup, yaitu bumi.

“Aksi ini untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian pada diri sendiri terhadap lingkungkan sekitar. Untuk itu, Mapala UMI yang berkiprah di kepencintalaman merasa sangat perlu berperan andil dalam hal tersebut,” kata dosen senior Mapala UMI, Ahmad Lubis, Selasa (25/4/2017).

Mengangkat tema “Aksi Bersih Sampah dan Penanaman Bibit Pohon”, Ketua Umum Mapala UMI Makassar, Anriadi, mengatakan selain melakukan penanaman pohon, baik pihak Mapala UMI dan masyarakat sekitar juga bekerjasama untuk melakukan aksi pembersihan sampah disepanjang jalur pendakian.

“Kami bekerjasama dengan Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung untuk melakukan aksi sosial ini, dan kedepan kami berharap respon baik tersebut tetap berlanjut hingga beberapa tahun kedepan,” ujar Anriadi.

Tercatat, sebanyak 40 peserta dari Mapala UMI, dibantu dengan masyarakat sekitar melakukan pembersihan jalur pendakian dan penanaman pohon disepanjang Taman Nasional Bantimurung – Bulusaraung, Kabupaten Pangkep. Dimana, 40 orang tersebut disebar dibeberapa pos yang kemudian dibekali dengan adanya kantong sampah untuk kemudian hasilnya diserahkan ke pihak TN Babul. (*)