Wapres JK Akan Buka Rakernas BKS PTIS di Kampus Unismuh Palangkaraya

Editor : ifan Ahmad
Wapres JK
Wapres JK

Online24, Jakarta – Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla akan membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS PTIS) di  kampus Universitas Muhammadiyah, Palangkaraya, Rabu (26/4/2017). Hal ini diungkapkan Jubir Wapres RI, Husain Abdullah, Selasa (25/4/2017), dalam rilis tertulisnya.

Husain mengatakan, kunjungan kerja singkat ini merupakan tindak lanjut audiensi Ketua Umum Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS PTIS) Prof. Dr. Masrurah Mokhtar M.A., yang di Kantor Wakil Presiden, Merdeka Utara, Rabu (5/4/2017) lalu.

“Kami mengharapkan Bapak Wapres dapat hadir dan membuka acara Rakernas di Palangkaraya pada tanggal 26 April 2017,” ujar Masrurah saat bertemu Wapres, waktu itu.

Menurut Masrurah, yang juga Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI), agenda tahunan yang di gelar pada tanggal 25-27 April 2017 ini, bertujuan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan PTIS se-Indonesia dalam komitmen bersama guna merumuskan langkah-langkah strategis menuju perguruan tinggi Islam berstandar internasional.

Dalam pertemuan tersebut, Wapres mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan tersebut  dan berpesan agar forum ini juga dapat mendiskusikan setiap permasalahan internal yang dihadapi para anggotanya dan dapat saling mendukung agar dapat mudah mengatasi masalah tersebut.

“Pemerintah akan mendukung Perguruan Tinggi swasta, tapi kekompakan di dalam harus dapat dijaga guna menjaga mutu dan kualitas Perguruan Tinggi tersebut,” imbaunya.

Selain itu juga Wapres berpesan agar perguruan-perguruan tinggi sekarang dapat berfikir secara maju, dimana era social entrepreneur sudah berkembang di dunia perguruan tinggi. Selain melakukan kerja sosial, perguruan tinggi juga harus memikirkan bagaimana mengembangkan pendidikan secara bisnis atau industri di bidang pendidikan bahkan secara korporasi.

“Di Jakarta ini yang laku adalah perguruan tinggi yang mengembangkan metoda entrepreneurship, mengelolanya secara sekolah-sekolah asing yang lebih bersaing di dunia,” tutur Wapres pada pertemuan tersebut.

Peserta Rapat Kerja Nasional rencananya akan dihadiri  Ketua Dewan Penasihat, Menristekdikti, Mendikbud, Menteri Agama, Pengurus BKS-PTIS se-Indonesia, 450 Pimpinan PTIS se-Indonesia, pelaksana akreditasi PTIS se-Indonesia, pimpinan penyelenggara PTIS se-Indonesia, dan perwakilan dosen dan mahasiswa PTIS se-Indonesia. Sedangkan pada Seminar yang mengusung tema “Meningkatkan Kualitas Perguruan Tinggi Islam Swasta Menuju Berdaya Saing Global”.selain dihadiri undangan tersebut diatas, akan   dihadiri juga oleh pimpinan Perguruan Tinggi Luar Negeri dari Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, Philipina dan Timor Leste. (*)