Tandingi AS, Rusia Berencana Bangun Kapal Induk Terbesar di Dunia

Editor : Endhy

Online24, Moscow – Kabarnya, Rusia berencana akan membuat kapal induk terbesar di dunia sebagai langkah untuk meningkatkan kemampuan pertahanan dan bersaing dengan Amerika Serikat. Kapal induk raksasa tersebut nantinya akan mampu mengangkut 90 pesawat tempur.

Diperkirakan, biaya pembuatan kapal induk tersebut akan menelan biaya sebesar 17,5 miliar dolar AS atau sekitar dengan Rp 219 triliun.

Hingga kini, rencana tersebut hanya dikenal dengan nama Proyek 23EOOOE dan diharapkan akan selesai pada tahun 2030 mendatang.

Spesifikasi kapal induk tersebut hampir sama dengan kapal induk Amerika Serikat kelas Nimitz. Seorang pakar mengatakan kepada media Rusia bahwa rancangan kapal tersebut didasarkan pada desain kapal induk baru Amerika Serikat, USS Gerald R Ford.

Kapal induk Rusia ini rencananya akan memiliki dek berukuran tiga kali lapangan sepak bola dan bisa menampung sedikitnya 4.000 orang awak.

Sejauh ini, Rusia hanya memiliki satu kapal induk yaitu Admiral Kuznetzov yang mulai bertugas pada tahun 1985. Namun, jika dibandingkan dengan kapal induk baru itu kemampuan Admiral Kuznetzov ini tidak ada apa-apanya.

Admiral Kuznetzov hanya mampu membawa 30 pesawat tempur dan hanya digerakkan dengan menggunakan mesin bertenaga uap. Sementara kapal induk baru nantinya akan beroperasi dengan menggunakan tenaga nuklir.

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu