Menteri Retno dan Menlu AS Bertemu di Washington Minggu Depan

Editor : Endhy
Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi

Online24, Jakarta – Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson di Washington DC, Amerika Serikat pada pekan depan.

Direktur Amerika I Kementerian Luar Negeri Indonesia, Adam Mulawarman Tugio menyatakan bahwa pertemuan ini adalah tindak lanjut dari kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence ke Indonesia pada pekan lalu.

Adam juga menyebutkan, ada beberapa isu yang akan dibahas kedua menteri tersebut. Beberapa diantaranya adalah mengenai ekonomi, dan juga mengenai pluralisme.

“Pertama, menegaskan komitmen kemitraan strategis. Lalu, Penegasan komitmen US membangun hubungan konstruktif dengan ASEAN,” tutur Adam pada Kamis (27/4/2017).

“Menegaskan kembali peluang kerjasama Indonesia untuk memajukan diskusi mengenai pluralisme, toleransi, yang merupakan soft power penting penanggulangan radikalisme. Itu yang penting,” lanjutnya.

Dia menambahkan, selain bertemu dengan Tillerson, Retno juga dijadwalkan akan melakukan sejumlah pertemuan dengan beberapa pejabat Amerika Serikat lainnya. Salah satunya adalah ketua Kongres, Paul Ryan.

“Menlu juga mengupayakan pertemuan dengan Menteri Perdagangan AS. Sedang diatur pertemuan dengan Paul Ryan. Meningkatkan hubungan bilateral dengan kerjasama parlemen, tidak hanya hubungan antara eksekutif tapi juga legislatif dan masyakarat madani,” kata Adam.

“Kita berharap lebih memperdalam hubungan bilateral sekaligus perdagangan dan investasi yang kita lihat dalam beberapa tahun terakhir berkembang positif,” imbuhnya.