BNNP Sulsel Tes Urin Ratusan Pegawai BI Sulsel

Editor : Lucky
Kepala Perwakilan BI Sulsel, Wiwiek Sisto Widayat (kanan), menyerahkan sample urin-nya kepada Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sulsel, Jamaluddin, Jumat (28/4/2017)
Kepala Perwakilan BI Sulsel, Wiwiek Sisto Widayat (kanan), menyerahkan sample urin-nya kepada Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sulsel, Jamaluddin, Jumat (28/4/2017)

Online24, Makassar – Sebagai langkah konkrit untuk mencegah tindak penyalahgunaan narkoba di lingkup pegawai Bank Indonesia (BI) wilayah Sulsel, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan tes urin terhadap seluruh pegawai BI wilayah Sulsel di Kantor Perwakilan BI Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Jumat (28/4/2017).

Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Sulsel, Jamaluddin, yang memimpin langsung jalannya tes urin tersebut menyebutkan bahwa kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari penandatangan MoU antara BI Wilayah Sulsel dengan BNN Sulsel, pertengahan Januari 2017 lalu.

“Ini bukti dari kerjasama yang kita lakukan bersama Bi beberapa bulan lalu. Ini baru kali pertama kita melakukan tes urin kepada seluruh pegawai di kantor BI,” kata Jamaluddin.

Ia mengatakan, pasca penandatangan MoU, pihaknya bersama BI telah melakukan sosialisasi terkait dampak bahaya narkoba di Rammang-Rammang, Maros, Sulawesi Selatan, beberapa pekan lalu.

“Tes urin ini untuk mencipatakan lingkungan bersih BI dari penyalahgunaan narkoba. Dan deteksi dini adalah dengan tes urin,” ujarnya

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Sulsel, Wiwiek Sisto Widayat, yang tak luput dari pemeriksaan tes urin BNN mengaku akan melakukan tindakan tegas jika salah satu pegawainya terindikasi menggunakan narkoba.

“Kalau ada yang terindikasi kita akan berikan sanksi sesuai dengan pelanggaran yang BI tetapkan, dan pelanggaran berat bisa sampai pada pemecatan,” tegas Wiwiek.

Sedikitnya ada 142 orang yang kerja di sekitar wilayah Bi yang akan mengikuti tes urin untuk mendeksi lebih dini tindak penyalahgunaan narkoba dilingkup BI Sulsel

Diketahui, dalam penandatangan kerjasama BI Sulsel dengan BNN Sulsel ada beberapa cakupan, diantaranya adalah sharing data dan informasi, pemeriksaan (tes urin dan sebagainya) kepada pegawai di lingkup BI Sulsel, baik karyawan tetap maupun kontrak, capacity building.(*)