Penemuan Katak Raksasa di Enrekang Hebohkan Warga

Reporter :
Editor : Asri Muhammad

Online24, Enrekang – Warga Dusun Gurah, Desa Buntu Mondong Kecamatan Buntu Batu, dihebohkan dengan penemuan katak raksasa. Di dusun ini, sebanyak 9 katak berukuran besar ditemukan oleh warga.

Penemuan katak seberat 1,5 kilogram ini, heboh setelah salah seorang warga mempostingnya di media sosial. Bagi warga setempat, katak berukuran ‘raksasa’ ini disebut dengan Todan.

“Sebenarnya terdapat ratusan jenis katak ini di sungai Danteuwa, masyarakat juga tidak banyak yang menjadikan ini sebagai rutinitas mereka. Untuk mencari dan menangkap Todan, hanya sebagian saja yang suka mencari kemudian mengkonsumsinya,” ujar Darussalam, pendamping PKH yang juga warga Gurah, Selasa (2/5/2017).

Salam menambahkan, awalnya dia dan beberapa rekannya malam itu sengaja ke sungai untuk menangkap katak. Dan malam itu Salam bernasib baik karena Todan menampakkan diri.

“Saking besarnya katak itu tidak bisa melawan. Kami dengan mudah bisa menangkapnya,” tambahnya.

Kini, setelah diposting di medsos, katak raksasa ini sudah mulai menarik perhatian para kolektor dari Jawa dan Makassar. Bahkan, Salam sudah mendapat penawaran Rp 50 ribu perbuah anak katak yang kecil.

“Sudah banyak yang menelpon mau dikirimkan anakannya, tapi saya belum menaggapi,” tutup Salam..