Gelar Uji Coba Penjatuhan Bom, Korea Utara Tuding AS Provokasi Pecahnya Perang Nuklir

Editor : Endhy

Online24, Pyongyang – Korea Utara menuding Amerika Serikat berusaha mendorong Korea ke dalam perang nuklir, terutama usai dua buah pembom jarak jauh Amerika Serikat terbang diatas kawasan tersebut dalam latihan bersama angkatan udara Korea Selatan, Selasa (2/5/2017).

Korea Utara mengatakan bahwa kedua pembom Amerika Serikat itu melakukan uji coba penjatuhan bom nuklir atas sasaran-sasaran penting di Korea Utara. “Ini semakin mendorong pecahnya perang nuklir di semenanjung Korea,” kata pernyataan Korea utara tersebut.

Dari pangkalannya di pulau Guam, kedua pembom supersonik B-1B dikirim ditengah ketegangan yang terus memuncak karena Korea Utara terus melanjutkan program senjata nuklirnya.

Kedua pesawat pembom tersebut lepas landas pada saat Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa jika situasinya memungkinkan, ia bersedia bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Di Seoul kemarin, Moon Sang –gyun, selaku juru bicara Departemen Pertahanan Korea Selatan mengatakan bahwa latihan bersama dengan Amerika Serikat tersebut dilakukan untuk menyetop provokasi yang dilancarkan oleh Korea Utara.

Selain itu, latihan tersebut sekaligus memeriksa kesiagaan, jika sewaktu-waktu Korea Utara kembali melancarkan uji coba bom nuklir.