Korea Utara Tuding CIA Siapkan Rencana Bunuh Kim Jong-un

Editor : Endhy

Online24, Pyongyang – Korea Utara (Korut) menuduh Dinas Intelijen Amerikan Serikat (AS), CIA, mempersiapkan sebuah rencana untuk membunuh Kim Jong-un.

“CIA dan Dinas Intelijen Korea Selatan (IS) sudah mempersiapkan plot mengerikan dengan menggunakan zat biokimia untuk membunuh pemimpin kami (Kim Jong-un),” pernyataan Kementerian Keamanan Negara, Jumat (5/5/2017).

“Pembunuhan dengan menggunakan biokimia oleh CIA, adalah metode paling terbaik yang tidak memerlukan akses kepada target. Hasil mematikan akan muncul setelah enam hingga 12 bulan,” imbuh pernyataan itu.

Tuduhan tersebut muncul disaat isu ketegangan antara pemerintahan Presiden Donald Trump dengan Korea Utara terus meningkat, khususnya mengenai program senjata Negara Komunis itu.

Sementara itu, perang retorika antara pihak Barat dan Korea Utara terus memanas hingga beberapa pekan terakhir. Hingga Korea Utara pun mengancam akan melakukan uji coba nuklir keenam yang bisa memperdalam ketegangan.

“CIA dan IS membayar seorang warga Korut bernama ‘Kim’ untuk melakukan serangan terhadap Kim Jong-un,” tegas pernyataan tersebut.

“Kami akan menghancurkan seluruh teroris yang dijadikan boneka CIA dan Amerika Serikat,” katanya, menambahkan bahwa plot tersebut merupakan bentuk deklarasi perang.

Korea Utara juga menjelaskan, kejahatan menjijikan yang dilakukan untuk menghancurkan Korea Utara adalah bentuk terorisme bukan saja kepada Korea Utara tetapi terhadap keadilan dan naluri kemanusian dan tindakan merusak masa depan orang.

Akan tetapi, pernyataan tersebut tidak menjelaskan informasi mengenani bagaimana upaya menggagalkan plot itu dan apa yang terjadi terhadap warga yang dianggap sebagai mata-mata.