Lindungi Turki, Amerika Serikat Kirim Senjata ke Kaum Kurdi

Editor : Andhika BD

Online24, Washington DC – Amerika Serikat (AS) memberikan penjelasan kepada Turki terkait pengiriman senjata kepada kaum Kurdi Suriah dimana Turki merupakan pihak yang menolak keras pengiriman senjata tersebut.

Hal ini disampaikan langsung oleh James Mattis yang merupakan Menteri Pertahanan Amerika Serikat, saat sedang melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Turki, Binali Yildirim.

Mattis menyatakan bahwa, pengiriman senjata ini dimaksudkan guna melindungi seluruh sekutu Amerika Serikat yang tergabung dalam NATO, termasuk di dalamnya Turki.

Sementara itu, Juru bicara Pentagon, Dana White mengatakan bahwa pertemuan itu berlangsung saat keduanya menghadiri sebuah konferensi mengenai Somalia di London. Akan tetapi, White enggan memberikan banyak penjelasan mengenai isi pertemuan tersebut, dia hanya menyatakan Mattis menegaskan kembali komitmen untuk membantu melindungi Turki dari ancaman teroris.

“Menteri Pertahanan kembali menegaskan komitmen AS untuk melindungi sekutu kami di NATO,” tutur White dalam sebuah pernyataan, Kamis (11/5/2017).

sebelumnnya, Yildirim mengatakan bahwa, keputusan Amerika Serikat untuk mengirimkan senjata kepada Kurdi Suriah adalah keputusan yang buruk. Dia menegaskan, keputusan ini akan berdampak negatif, baik bagi kawasan, maupun bagi Amerika Serikat.

Selain itu, keputusan Amerika Serikat mengirimkan senjata kepada Kurdi Suriah atau YPG disebabkan karena Amerika Serikat menganggap YPG adalah mitra kuat dalam melawan ISIS di negara tersebut. Sedangkan Turki menganggap YPG adalah kelompok yang memiliki hubungan dengan PKK, yang masuk daftar hitam terorisme di Turki.

[fbcomments]