Hatrick Dirk Kuyt Bawa Feyenoord Juarai Liga Belanda

Editor : Fahmi

Online24, Rotterdam – Pada pertandingan pekan terakhir Liga Belanda 2016/2017, Minggu (14/5/2017) malam WIB, Feyenoord Rotterdam mengunci kampiun Eredivisie Belanda musim 2016/17 usai mengalahkan Heracles 3-1 lewat hatrick Dirk Kuyt.

Feyenoord melewati 33 pekan berada di puncak dengan hanya unggul satu poin dari Ajax Amsterdam di posisi kedua sehingga rivalnya itu harus puas finish di posisi runner-up.

Bagi Feyenoord, ini adalah gelar liga pertama mereka dalam kurun waktu 18 tahun terakhir atau yang ke-15 sepanjang sejarah klub itu. Meski demikian, Feyenoord masih kalah dari PSV Eindhoven (23 gelar) dan Ajax (33 gelar).

Juara liga dua musim terakhir, PSV, harus puas finis posisi ketiga dengan 76 poin dan hanya lolos ke Liga Europa. PSV ditemani FC Utrecht, Vitesse Arnhem, AZ Alkmaar, FC Groningen, dan Heerenveen.

Tiga tim yang turun divisi adalah NEC Nijmegen, Roda JC, dan Go Ahead Eagles.

Feyenoord tampil menggebrak sejak menit awal dan mereka langsung unggul via Dirk Kuyt, satu menit setelah peluit kick-off dibunyikan. Mantan pemain Liverpool Kuyt menggandakan skor di menit ke-12 untuk membawa Feyenoord kian di atas angin.

Striker gaek Belanda ini benar-benar menjadi pahlawan timnya di laga terakhir, setelah ia menggenapkan hat-trick lewat tendangan penalti di babak kedua, sementara tim tamu Heracles hanya mendapat konsolasi ketika Peter van Ooijen membobol gawang tuan rumah di pengujung laga.

Dengan ini, Feyenoord memastikan diri sebagai juara usai mengoleksi 82 poin, unggul satu dari Ajax. (*)