Lagi, Korea Utara Kembali Luncurkan Misil Balastik

Editor : Endhy

Online24, Seoul – Korea Selatan menyebut Korea Utara kembali lagi meluncurkan sebuah misil balistik pada Minggu (14/5/2017). Hingga saat ini, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan belum dapat memberikan informasi secara detail, mengenai apakah peluncuran tersebut berhasil atau tidak maupun jenis rudal apa yang ditembakkan.

Peluncuran terbaru dilakukan beberapa hari pasca Moon Jae-in resmi dilantik menjadi presiden Korea Selatan. Moon bertekad bisa datang langsung ke Pyongyang untuk meredakan situasi, akan tetapi dengan kondisi dan syarat tertentu.

Hal ini merupakan peristiwa terbaru dari serangkaian uji coba yang dilakukan Korea Utara, dengan tujuan utama menciptakan misil antar benua yang dapat terbang hingga ke daratan utama Amerika Serikat (AS).

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengecam keras tes nuklir dan misil Korea Utara. AS pun merespons dengan pengerahan kekuatan militer serta dengan membuka kemungkinan adanya ruang dialog.

Selain itu, pada hari Sabtu kemarin, seorang diplomat senior Korea Utara yang menangani hubungan dengan Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa Pyongyang siap berdialog dengan Washington jika kondisinya tepat.

Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri Korea Utara untuk urusan Amerika Serikat Choe Son-hui,  berbicara kepada awak media di Beijing setelah bertolak pulang dari Norwegia.

“Kami akan berdialog jika kondisinya sudah sesuai,” tutur Choe.

Ketika ditanya apakah Korea Utara juga mempersiapkan dialog dengan pemerintahan baru Korea Selatan di bawah Presiden Moon, Choe berkata, “Kita lihat saja nanti.”