Pakar Apresiasi Langkah DPPPA Wujudkan Makassar Kota Layak Anak

Editor : Lucky

Online24, Makassar – Nanang Abdul Chanan, aktivis Perlindungan Anak yang juga menjadi Ketua Tim Evaluasi Kota Layak Anak, mengapresiasi langkah Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) untuk menjadikan Makassar sebagai “Kota Layak Anak”. Hal tersebut disampaikan Nanang saat meninjau Puskesmas Mamajang di Jalan Baji Minasa, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, Selasa (16/5/2017).

“Hari ini kita melakukan verifikasi tentang inisiasi pengembangan kota Makassar menuju kota yang layak anak. Kami dari Komisi Perlindungan Anak mengapresiasi terhadap kreasi dan inovasi yang dilakukan pemerintah,” katanya.

“Untuk itu, setelah kita lakukan peninjauan kita memberikan rekomendasi terkait area pengambangan anak,” tambah Nanang.

Menurutnya, kota yang layak anak kota yang punya komitmen untuk memberikan pemenuhan dan perlindungan terhadap hak anak. Pemenuhan yang dimaksud yaitu berkaitan dengan hak kesehatan, pendidikan, pengasuhan, hak sipil, dan perlindungan anak.

“Perlindungan anak berkaitan dengan anak yang tidak beruntung dan merupakan korban eksploitasi dan kekerasan, dari sinilah kita bagaimana mengukur sistem yang sedang berjalan yang dikembangkan oleh pemerintah kota Makassar,” lanjut Nanang.

“Ubah mindset kita bahwa pelayanan kesehatan adalah orang yang punya kewajiban melayani rakyat. Bukan hanya sekedar kita adalah pelayanan kesehatan dan masyarakat butuh kita, tidak seperi itu,” bebernya.

Nanang bahkan mengaku bahwa inovasi pengembangan hak anak di Kota Makassar sudah cukup baik dengan adanya penyedia ruang khusus anak di Puskesmas Mamajang.(*)