Amerika Serikat: China Kunci Penyelesaian Masalah Nuklir Korea Utara

Editor : Endhy

Online24, Washington DC – Amerika Serikat (AS) menilai bahwa China merupakan kunci dalam menyelesaikan masala h nuklir Korea Utara (Korut). Amerika Serikat menyebut China memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap Korea Utara, dimana hal ini tidak dimiliki negara lain.

Robert Wood selaku Duta Besar Amerika Serikat untuk badan pelucutan senjata, menuturkan bahwa pihaknya akan bekerja dekat dengan China untuk menyelesaikan masalah Korea Utara. Wood menyebut, hanya melalui China masalah Korea Utara benar-benar dapat diselesaikan, mengingat bahwa besarnya pengaruh yang dimiliki Beijing terhadap Pyongyang.

“Saya tidak akan membicarakan berbagai pilihan kebijakan yang mungkin atau mungkin tidak kita pertimbangkan. Tapi, saya akan mengatakan ini, kita tentu saja terlibat saat ini dalam melihat sejumlah tindakan, baik politik, ekonomi, keamanan, untuk menangani hal-hal ini. Tindakan provokatif oleh Korea Utara, dan tindakan berbahaya dalam banyak kasus,” tutur Wood, Selasa (16/5/2017).

“Jadi, kita akan meningkatkan tingkat keterlibatan dengan China dalam masalah ini. China benar-benar kunci dalam menangani masalah Korea Utara, karena 90 persen dari perdagangan Korea Utara adalah dengan China. Jadi, jelas ada pengaruh besar yang dimiliki China, dan kami ingin China menggunakannya,” sambungnya.

Disisi lain, Dewan Keamanan (DK) PBB dilaporkan telah mengecam uji coba rudal yang dilakukan Korea Utara. Tidak hanya itu, DK PBB juga memperingatkan akan menjatuhkan sanksi baru untuk negara komunis itu.

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan, 15 anggota Dewan tersebut menuntut agar Pyongyang tidak melakukan pengujian lebih lanjut. DK PBB menekankan pentingnya bagi Korea Utara untuk segera menunjukkan komitmen yang tulus untuk melakukan denuklirisasi melalui tindak nyata.