Antisipasi Bentrok Pilkada 2018, Polrestabes Makassar Gelar Simulasi Pengamanan

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Polrestabes Makassar menggelar latihan Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota), di Halaman Belakang Trans Studio Mall, Jalan Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Kamis (18/5/2017).

Simulasi yang dilakukan dihadapan seluruh Komandan Satuan Brimob dan Karo Ops se-Indonesia, dalam rangka mengantisipasi potensi ricuh dan bentrok yang akan terjadi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 mendatang.

Meski baru memasuki pertengahan tahun 2017, namun Polrestabes Makassar tidak main-main dalam melakukan simulasi tersebut. Pasalnya, dalam latihan tersebut dikerahkan 1500 porsenil termasuk empat ekor K9.

Asisten Operasi Kapolri, Irjen Pol Unggung Cahyono mengatakan, kegiatan yang dilakukan di Kota Makassar merupakan agenda rutin yang dilakukan Mabes Polri, yang 2016 lalu dilakukan di Wilayah Jawa Barat.

“Ini persiapan menjelang Pilkada serentak 2018 mendatang. Kemarin kita sudah lihat taktik mereka melalui TFG dan sekarang simulasi langsung yang diperagakan oleh porsenil Polrestabes Makassar bersama Polda Sulsel,” kata Unggung.

Menurutnya, hal yang paling penting dalam pilkada nanti adalah bagaimana pihak kepolisian mampu memberikan pelayanan dan keamanan untuk masyarakat ditengah konflik isu politik.

“Jadi kita berharap Karo Ops, Dansat Brimob, dan Direktur Shabara bisa mengikuti arahan dari Mabes Polri agar tidak terjadi kekeliruan dalam pengamanan Pilkada nanti,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jenderal dua bintang tersebut mengapresiasi kinerja jajaran Polda Sulsel dalam upayanya memperlihatkan bagaimana kinerja pihak kepolisian dalam mengamankan aksi pada pilkada mendatang.