Kejati Kembali Sita Rumah Mewah Milik Tersangka Korupsi Lahan Bandara

Reporter :
Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Rumah mewah milik mantan kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Maros Andi Nuzulia, kembali disita oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati), Kamis(18/5/2017).

Rumah mewah yang terletak di komplek Puri Diva Istanbul Blok A37 tersebut, diberi tanda oleh Kejaksaan dan plank yang bertuliskan pemberitahuan bahwa rumah tersebut dalam sitaan Kejati.

“Penyitaan ini adalah penyitaan lanjutan dari yang sebelumnya. Tentunya kami Tidka berhenti sampai disini, kami akan terus mendalami dan menelusuri aset- aset milik seluruh tersangka,” ujar ketua tim penyitaan, Hidar.

Menurut tim penyitaan, rumah yang sudah lama tidak ditinggali tesebut adalah rumah atas nama Andi Nuzulia sendiri. Rumah tersebut nampak tidak terawat setelah Andi Nuzulia mendekam di Rutan Klas 1 Makassar.

Hingga kini, total aset milik Nuzulia yang disita Kejati adalah dua unit rumah mewah. Satu unit yang sebelumnya disita bernilai Rp 2,5 Milyar.

“Kalau untuk yang unit ini, kami belum tau berapa nilainya. Karena belum ditaksir,” pungkas Hidar.

Penyitaan ini adalah salah satu langkah Kejati Sulsel untuk mengembalikan kerugian negara yang mencapai Rp 315 Milyar. Sebelumnya Kejati juga telah menyita beberapa aset dari kesuluruhan tersangka yang bernilai Rp 16 Milyar.

Hingga saat ini, Kejati telah menetapkan 9 orang tersangka dalam kasus ini. Dua dari sembilan ormag tersebut saat ini tengah menjalani persidangan di pengadilan Negeri Makassar. Tujuh orang lainya saat ini sedang menjalani tahap pemberkasan.