Walhi Sulsel Ajukan Kasasi, Guru Besar Unibos: MA Akan Batalkan Keputusan PTUN

Editor : Lucky

Prof Dr Marwan Mas
Prof Dr Marwan Mas
Online24, Makassar – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sulawesi Selatan melaunching hasil eksaminasi putusan PTUN terkait perkara reklamasi CPI dengan menghadirkan Guru Besar Ilmu Hukum Unibos, Prof Dr Marwan Mas, di Mr Coffe, Jalan Boulevard, Kota Makassar, Kamis (18/5/2017).
Prof Dr Marwan Mas mengatakan, hakim PTUN tidak melihat dari sisi keadilan dan sisi sosialnya pada saat memutuskan memberi izin Gubernur Sulawesi Selatan untuk melakukan reklamasi Center Point of Indonesia (CPI).
“Sebenarnya hakim harus melihat dari keadilan masyarakat, rasa keadilan sosial dengan menggunakan putusan PTUN. Karena itu, Walhi melalui pengacaranya melakukan Kasasi ke Mahkamah Agung (MA),” katanya.
“Saya yakin MA akan membatalkan PTUN itu karena di MA yang dilihat adalah penerapan hukumnya,” ucap Prof Marwan.
Tidak hanya itu, Prof Marwan juga mengatakan bahwa hakim PTUN terlalu banyak alasan saat Walhi melakukan Kasasi agar izin Gubernur Sulawesi Selatan ditarik.
“Nah, kalau dilihat penerapan hukum, disitulah letak keliru karena (Hakim PTUN) banyak alasan seperti lewat waktunya atau kalau tidak ada kerugian uang negara. Tapi kenapa kau (hakim) periksa pokok perkara,” ungkapnya.
“Dan di pokok perkara itu kan nyata sekali, kalau ada saksi fakta yang dihadirkan oleh Walhi bahwa ada yang dirugikan dengan adanya penimbunan di kiri dan kanan. Seperti nelayan dan beberapa warga yang terkena penggusuran,” tuturnya.(*/Ade)