Wujudkan Lingkungan Bersih, Bupati Canangkan Program CLBK

Editor : Asri Muhammad

Online24, Luwu Timur – Upaya serius terus dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Luwu Timur dalam rangka mewujudkan lingkungan bersih. Salah satunya adalah mencanangkan Program CLBK atau Cinta Lingkungan Bersih dan Keren.

Program yang bertujuan mengubah pola pikir dan pola tindak (mindsetting) masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan serta menciptakan lingkungan yang menarik dan menyenangkan.

Pencanangan program CLBK dilakukan oleh Bupati Luwu Timur, H.M. Thorig Husler dalam bentuk apel bersama seluruh pegawai dan upah jasa dari dinas dan instansi lingkup Pemerintah Kabupaten, pegawai pemerintah desa/kelurahan wilayah Kecamatan Malili serta petugas kebersihan yang digelar di Gelanggang Olah Raga (GOR) Malili, Jum’at (19/05/2017).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Andi Tabacina Achmad menjelaskan bahwa pencanangan program CLBK ini merupakan program pertamakali di Kabupaten Luwu Timur, Program yang awalnya terinspirasi oleh kebutuhan akan hadirnya suasana baru dalam manajemen kebersihan di Setiap kecamatan khususnya di Kota Malili.

Menurutnya, dicanangkannya program CLBK sebagai langkah mengajak masyarakat agar memiliki perhatian dan kepedulian terhadap lingkungan dengan harapan agar budaya peduli lingkungan dapat terwujud.

“Kami dari DLH akan terus melakukan kegiatan sebagai implementasi dari Program CLBK diantaranya, menggelar lomba kebersihan antar dusun se desa dan kelurahan se Kota Malili, lomba keindahan antar desa dan kelurahan se Kabupaten Luwu Timur serta gerakan Bangunkan Lahan Tidur (BLT),” kata Andi Tabacina dalam laporannya.

Ia juga melaporkan bahwa jumlah personil petugas kebersihan saat ini masih sangat minim, olehnya ia berharap agar dalam waktu dekat kebutuhan penambahan personil dapat dipenuhi.

Bupati Luwu Timur H.M. Thorig Husler sangat mengapresiasi dengan adanya program CLBK. Dia berharap, DLH dan instansi terkait lainnya lebih bersinergi mewujudkan lingkungan yang sehat dan asri.

“Mudah-mudahan Program CLBK ini dapat dilakukan secara berkesinambungan, agar kebersihan dan keindahan lingkungan dapat diwujudkan, dan kepada petugas kebersihan saya berharap meski dengan keterbatasan tenaga tetap semangat menjalankan tugas, jangan sampai kekurangan tenaga, kita tidak berbuat, justru dengan keterbatasan kita harusnya tambah giat, Insya Allah, kami akan mengusahakan menambah sarana untuk menunjang agar pelaksanaan tugas dapat lebih maksimal,” imbau Husler.

Tak hanya itu, Bupati juga menghimbau agar program ini bisa terus berjalan disetiap kecamatan . “harapan saya juga agar program bisa dilaksanakan disetiap kecamatan, minimal disetiap kantor-kantor kecamatan terlebih dahulu, setelah itu dilanjutkan di wilayah kelurahan, desa, hingga di sekolah-sekolah,” tambah Bupati.

Sebagai simbol dimulainya pencanangan,
Bupati menyerahkan tong sampah dan sapu lidi kepada para kepala lingkungan dan kepala dusun se Kota Malili. Penyerahan ini juga di saksikanWakil Bupati Irwan Bahri Syam, Ketua DPRD Amran Syam dan Sekretaris Daerah Bahri Suli.

Pada kesempatan tersebut bupati juga menyerahkan penghargaan kepada petugas kebersihan dalam masa kerja 10 tahun dan penghargaan kepada nasabah bank sampah aktif dan nasabah bank teladan serta penyerahan secara simbolis Kartu BPJS ketenagakerjaan oleh bupati kepada 1.321 Upah jasa, 19 Pendamping desa dan 16 Pendamping Program Keluarga Harapan.