Disambangi Mahasiswa FISIP Unismuh di DPRD Sulsel, Cicu Beri Motivasi

Reporter :
Editor : Lucky
Ketua DPD Partai NAsdem Makassar, Andi Rachmatika Dewi. (foto:zhoelfikar)
Ketua DPD Partai NAsdem Makassar, Andi Rachmatika Dewi. (foto:zhoelfikar)
Online24, Makassar – Wakil Ketua DPRD Sulsel, Andi Rachmatika Dewi, mendampi Ketua DPRD Sulsel, M Roem, menerima kunjungan 80 mahasiswa dan 2 dosen Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Unismuh Makassar, Jumat (19/5/2017)

Cicu, sapaan Andi Rachmatika, memberikan motivasi  mahasiswa, terutama kaum perempuan, agar memahami dan terlibat dalam proses pembuatan kebijakan publik.

“Kalau perempuan terlibat, tentu sensifitas gender setiap kebijakan atau produk legislasi itu bisa terjaga,” ujar politisi perempuan dari Partai Nasdem itu.
Politisi perempuan yang sedang gencar-gencarnya bersosialisasi untuk pemilihan Walikota Makassar ini berharap interaksi mahasiswa dan institusi DPRD terus ditingkatkan pada aktivitas dialogis seperti ini.
Sementara itu, Fitriani Sari Handayani selaku dosen pendamping kegiatan kuliah lapangan atau outing class mengaku senang disambut langsung oleh pimpinan tertinggi di DPRD Provinsi Sulsel.
“Tentunya ini menjadi kesempatan mahasiswa dapat berinteraksi langsung kepada mereka mengenai praktek proses legislasi dan fungsi DPRD dalam prakteknya,” tuturnya
Terpisah, salah satu mahasiswa peserta praktek lapang, Fitri Ramadhani, merasa terhormat karena dapat mengetahui secara praktis fungsi institusi pemerintahan seperti fungsi DPRD Provinsi Sulsel langsung dari otoritas kompeten.
“Selain bisa mengetahui praktek legislasi secara langsung. Pimpinan DPRD juga banyak memberikan trik dan motivasi menjadi politisi yang baik,” ujarnya.
Selain itu, Andi Luhur Prianto yang merupakan Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Unismuh menyampaikan jika pihaknya memang terus mendorong pembelajaran aktif dengan mitra-mitra strategis.
“DPRD Sulsel memang sudah lama menjadi semacam laboratorium lapangan untuk beberapa kompetensi yang ada di jurusan kami. Semoga bisa saling memperkuat hubungan kedua institusi,” tuturnya.
Luhur juga membeberkan bahwa mahasiswa Ilmu Pemerintahan telah lama bermitra dengan DPRD Sulsel untuk kompetensi di bidang Politik Anggaran, Studi Parlemen, dan Pengawasan Pemerintahan Daerah.(*)