Federasi Panjat Tebing Gelar Simulasi Vertical Rescue di Maros

Editor : ifan Ahmad

Simulasi vertical rescue
Simulasi vertical rescue

Online24, Maros – Pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Makassar menggelar simulasi Vertical Rescue, di Taddeang, Maros, Sabtu-Minggu (20-21/5/17).

Ketua FPTI Makassar, A.Bukti Djufri, mengatakan jika kegiatan tersebut merupakan kegiatan internal FPTI Makassar yang diprogramkan oleh badan Vertical Rescue dan  dikhususkan kepada pengurus dan atlit tentunya.

Dijelaskannya, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengedukasi pengurus dan atlit perihal Vertical Rescue. Sebab kata dia, FPTI Makassar, tidak hanya tentang pengembangan atlit untuk berprestasi, tapi juga sebagai rescuer tentunya.

“Kegiatan ini didedikasikan sebagai wujud  pemantapan  dan sinergitas pemahaman terhadap penanganan korban pada kecelakaan di lokasi terjal semisal ditebing,” imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Badan Vertical Rescue FPTI Makassar, Zainal Mile, menambahkan jika berbagai kegiatan digelar dalam Simulasi Vertical Rescue ini yakni diantaranya teknik tindakan medis, simulasi pemindahan korban secara rescue grup system hauling set  dan tyrolien.

“Diharapkan melalui kegiatan ini, dampak mengedukasi pengurus dan atlit perihal teknik Vertical Rescue yang sewaktu-waktu terlibat dalam penanganan kebencanaan di medan terjal nantinya,” imbuhnya.

Selain itu kegiatan ini di support oleh Aneka Jaya,  Ilovi,  Rei Adventure dan BPJS Ketenagakerjaan Kota Makassar. (*)