DK PBB Agendakan Sidang Darurat Bahas Uji Coba Rudal Korut

Editor : Endhy

Online24, New York – Dewan Keamanan PBB akan menggelar sidang darurat guna membahas uji coba rudal balistik yang kembali dilakukan Korea Utara (Korut). Sidang darurat tersebut rencananya akan dilaksanakan pada Selasa (23/5/2017) waktu setempat, atas permintaan Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang.

“Dikarenakan peluncuran rudal terbaru Korea Utara dilakukan pada 21 Mei 2017 kemarin, maka konsultasi mendesak telah diminta oleh Amerika Serikat, Jepang dan ROK (Republik Korea atau Korea Selatan). Pertemuan akan dilaksanakan pada Selasa, 23 Mei,” demikian disampaikan misi Uruguay untuk PBB yang tengah mendapat giliran menjadi presiden DK PBB, Senin (22/5/2017).

Sementara itu, otoritas Korea Utara telah kembali melakukan uji coba rudal jarak menengah di tengah meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea. Ini merupakan uji coba rudal kedua yang dilakukan oleh Korea Utara pekan ini dan yang kesepuluh tahun ini.

Senin (22/5/2017), kantor berita resmi Korea Utara menyatakan, Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un mengawasi langsung uji coba rudal terbaru itu. Tidak hanya itu, Kim Jong-Un juga memerintahkan pengerahan rudal itu di medan pertempuran.

Di sisi lain, Korea Utara mengklaim uji coba rudal balistik jarak menengah yang baru saja dilakukannya bertujuan untuk mengetes daya tahan. Rudal yang diklaim mampu membawa hulu ledak nuklir itu disebut siap diluncurkan dalam situasi tertentu.

Korea Utara yang selama ini mengabaikan seruan dunia internasional untuk menghentikan program rudal dan nuklir, menyebut bahwa senjata semacam itu penting untuk pertahanan diri.

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu