35 Warga Sipil di Suriah Tewas Akibat Serangan Udara Koalisi Amerika Serikat

Editor : Endhy

Online24, Damaskus – Sedikitnya 35 orang warga sipil di Suriah bagian timur tewas dalam serangan udara koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS). Serangan tersebut dilancarkan terhadap sebuah kota yang dikuasai kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Jumat (26/5/2017), organisasi pemantau konflik Suriah, Syrian Observatory for Human Rights, menyebut, serangan udara koalisi Amerika Serikat tersebut mengenai sejumlah gedung permukiman di Kota Mayadeen, Provinsi Deir Ezzor, pada Kamis (25/5/2017) waktu setempat.

“Di antara korban tewas, terdapat sedikitnya 26 kerabat militan ISIS. Kebanyakan dari korban adalah wanita dan anak-anak, termasuk warga Suriah dan Maroko,” tutur Direktur Syrian Observatory, Rami Abdel Rahman.

Warga setempat mengaku, melihat pesawat pengintai dan pesawat perang terbang mengelilingi Kota Mayadeen, sebelum melepaskan rudal yang mengenai dua gedung setempat. Salah satu gedung merupakan tempat permukiman 4 lantai yang dihuni warga Suriah dan Maroko, anggota keluarga petempur ISIS.

“Sembilan korban lainnya merupakan warga sipil Suriah dan termasuk lima anak-anak,” kata Abdel Rahman.

Abdel Rahman menambahkan, bahwa serangan udara koalisi Amerika Serikat juga dilancarkan di Mayadeen pada Rabu (24/5/2017) dan menewaskan 15 orang. Dengan demikian, sebut Abdel Rahman, total korban tewas dalam serangan dua hari terakhir mencapai 50 orang.

Sementara itu, Syrian Observatory menyebut bahwa angka tersebut merupakan jumlah korban sipil tertinggi selama bulan Mei ini. Antara 23 April hingga 23 Mei tahun ini, menurut Syrian Observatory, serangan udara koalisi AS telah menewaskan total 225 warga sipil di Suriah.

Menanggapi laporan ini, juru bicara koalisi Amerika Serikat menuturkan bahwa pihaknya masih memeriksa hasil serangan udara yang dilancarkan di dekat Mayadeen. Koalisi Amerika Serikat selama ini selalu menyatakan pihaknya berhati-hati dalam melakukan serangan, agar tidak memicu korban sipil.