Berita Foto: Penerimaan Pasukan Satgas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini

Editor : ifan Ahmad

Pangdam XIV / Hasanuddin, Agus Surya Bakti dibopong pasukan Satgas Pamtas RI - Yonif Raifer 700 / Wira Yuda Cakti di Lantamal IV, Makassar, Sabtu (27/5/2017)
Pangdam XIV / Hasanuddin, Agus Surya Bakti dibopong pasukan Satgas Pamtas RI - Yonif Raifer 700 / Wira Yuda Cakti di Lantamal IV, Makassar, Sabtu (27/5/2017)

Online24, Makassar – Pasukan Yonif Raider 700/Wira Yuda Cakti (WYC) Kodam XIV/Hasanuddin tiba dengan selamat di Lantamal IV Makassar, Sabtu (27/5/2017). Dengan menggunakan KRI Teluk Jakarta 541, sebanyak 780 Pasukan Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) darat Republik Indonesia-Papua Nugini ditarik dari Tugas.

Kedatangan pasukan disambut dengan upacara penerimaan yang dipimpin langsung oleh Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjend TNI Agus SB. Turut hadir juga Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sulsel, Brigjend Pol Gatot Edy Pramono.

Pasukan Satgas WYC tersebut, memiliki tugas utama sebagai pasukan tempur, namun tugas pokoknya adalah pengamanan perbatasan Indonesia – Papua Nugini.

Satgas pengaman yang ditugaskan sejak 29 Juni tahun 2016 lalu, telah menemukan 5 patok dari 12 patok yang ada diperbatasan. 5 patok tersebut sudah tiga puluh tahun terakhir tidak ditemukan karena medan yang sulit dan tidak ada referensi data.

Selain itu, pasukan yang terus bergerak menyisir wilayah perbatasan telah menemukan kampung baru bernama kampung Digi. Dimana kampung tersebut tidak terdeteksi oleh peta. Pasukan satgas juga menemukan 30 pucuk senjata standar milik musuh dan ladang ganja cukup besar di tiga titik di wilayah Papua.