Khamenei Sebut Saudi Idiot Sebab Lakukan Kesepakatan Militer dengan Amerika Serikat

Editor : Endhy

Online24, Teheran – Ayatollah Ali Khamenei, Pemimpin tertinggi spiritual Iran, melemparkan kritikan keras terhadap Arab Saudi terkait kesepakatan militer dengan Amerika Serikat (AS). Saudi menjalin kesepakatan pembelian senjata dengan Amerika Serikat dengan nilai kontrak mencapai USD 110 miliar.

Khamenei menyatakan, para pemimpin Saudi idiot, karena melakukan kesepakatan tersebut. Tidak hanya itu, Khamenei juga mengatakan para pemimpin Saudi telah membiarkan diri mereka menjadi sapi perah Amerika Serikat.

“Keluarga Kerajaan Saudi adalah sekelompok orang yang tidak layak dan tidak berharga yang memperdagangkan kekayaan mereka dengan orang kafir dan musuh,” kata Khamenei, Minggu (28/5/2017).

Selain itu, dia juga mengkritik para pemimpin Saudi karena berpihak kepada Amerika Serikat, namun mengabaikan nasib orang-orang di Yaman dan Bahrain, sehubungan dengan penindasan yang dilakukan pemerintah Bahrain terhadap lawan-lawan politik dan perang saudara di Yaman, di mana Riyadh dan Teheran berada di pihak yang berlawanan.

Khamenei kemudian memperingatkan kebijakan penguasa Saudi pada akhirnya akan menyebabkan kejatuhan mereka.

Sebelumnya, pernyataan sejenis disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif. Ia mengatakan bahwa Amerika Serikat berusaha untuk memerah kekayaan Saudi, serta Amerika Serikat juga menggunakan Iran sebagai alat untuk mencapai tujuan mereka.