Kelompok Militan Ansar al-Syariah Bubarkan Diri

Editor : Endhy

Online24, Tripoli – Secara formal, kelompok militan Libya, Ansar al-Syariah membubarkan diri. Pembubaran kelompok yang terkait dengan jaringan teroris internasional al-Qaeda ini tertuang dalam sebuah pernyataan, Minggu (28/5/2017).

Washington menyebut, kelompok ini berada di balik serangan Benghazi tahun 2012, yang membunuh duta besar Amerika Serikat (AS) Christopher Stevens. Selain itu, kelompok tersebut telah berperang dengan Tentara Nasional Libya Khalifa Haftar.

Dalam pernyataannya, kelompok tersebut menyatakan bahwa keputusan membubarkan diri ini diambil setelah mengalami kerugian besar yang telah menghancurkan kepemimpinan dan anggotanya.

Sejak akhir tahun lalu, pasukan yang beraliansi dengan Tentara Nasional Libya ini telah melakukan pertempuran dengan Pemerintahan Nasional Libya (GNA) yang mendapat dukungan PBB di Tripoli.

Kelompok-kelompok seperti Ansar al-Syariah telah memasukkan diri mereka ke dalam perang yang lebih besar. Mereka mencoba mempertahankan benteng di timur negara itu. Keberadaan mereka menciptakan medan pertempuran yang hancur yang dilapisi oleh banyak milisi.

Sementara itu, diakhir pernyataannya, kelompok tersebut meminta pasukan revolusioner dan dewan shoura di Benghazi untuk bersatu guna membentuk sebuah front persatuan.