Lagi, Korea Utara Tembakkan Misil Balistik Hingga Jatuh di ZEE Jepang

Editor : Endhy

Online24, Pyongyang – Korea Utara (Korut) kembali dikabarkan menembakkan uji coba misil balistik jarak pendek dan mendarat di laut. Menurut perkiraan, misil balistik ini meluncur pada pukul 05.39 pagi waktu setempat dari kawasan Wonsan, Provinsi Kangwon, bagian timur Semenanjung Korea.

Peluncuran misil balistik ketiga kalinya dalam kurun waktu satu bulan ini juga disaksikan langsung oleh pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

“Misil ini diperkirakan salah satu seri misil Scud,” sebut pernyataan dari Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, Senin (29/5/2017).

Menurut Jepang, misil balistik tersebut mendarat di Zona Ekonomi Eksklusif Jepang yaitu area perairan yang berjarak 200 mil dari pantai Jepang.

“Peluncuran ini sangat bermasalah karena sangat melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB. Tindakan provokatif yang berulang kali dilakukan Korut ini sama sekali tidak dapat diterima,” tegas pernyataan dari Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga.

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe juga mengeluarkan protes keras akibat peluncuran terbaru Korea Utara ini. “Untuk mencegah peluncuran lagi oleh Korea Utara, kami akan melakukan tindakan nyata bersama Amerika Serikat dan berkoordinasi dengan Korea Selatan untuk menjamin keselamatan semua warga Jepang,” ucap Abe.

Disebutkan pula bahwa misil ini terbang sekitar 450 kilometer. Korea Selatan dan Amerika Serikat saat ini sedang menganalisis secara seksama informasi tambahan mengenai peluncuran terbaru Korea Utara itu.

Sementara itu, militer Amerika Serikat dan Korea Selatan yang tergabung dalam latihan bersama juga memantau secara ketat militer Korea Utara dan terus berjaga-jaga di dekat Semenanjung Korea.

Disisi lain, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in memerintahkan agar segera diadakan pertemuan Dewan Keamanan Nasional pada hari ini terkait peluncuran misil Korea Utara.