Australia Kembali Kirim 30 Tentara ke Afghanistan

Editor : Endhy

Online24, Canberra – Marise Payne, Menteri Pertahanan Australia mengatakan bahwa Australia setuju untuk mengirimkan 30 tentara guna memberikan pelatihan di Afghanistan.

Sebelumnya, pada bulan lalu, NATO meminta tambahan pasukan dari Australia untuk memberikan pelatihan. Selain itu, pejabat Amerika Serikat kemudian secara resmi melakukan pendekatan kepada Angkatan Bersenjata Australia (ADF).

Sementara itu, Menteri Pertahanan Marise Payne dalam dengar pendapat dengan Senat Parlemen mengatakan, dengan tambahan itu, jumlah pasukan Australia di Afghanistan akan berjumlah 300 orang.

“Tambahan anggota ADF ini akan memungkinkan Australia memberikan pelatihan guna membangun kemampuan jangka panjang pasukan keamanan Afghanistan, sebagai bagian dari misi kami membantu, melatih dan menasehati,” jelasnya.

“Melihat posisi sentral Afghanistan, dan perang global melawan terorisme, maka penambahan untuk mendukung misi di sana adalah hal yang tepat dilakukan sekarang.” Tutur Payne.

“Penambahan ini sudah dipertimbangkan oleh pemerintah melihat komitmen ADF di seluruh dunia, dan juga perubahan dinamis yang sekarang ini terjadi, khususnya di kawasan kita sendiri.” Tambahnya, Senin (29/5/2017).