Kasus Siti Aisyah Dialihkan ke Pengadilan Tinggi Malaysia

Editor : Endhy

Online24, Kuala Lumpur – Pengadilan Malaysia mengalihkan kasus pembunuhan Kim Jong-Nam, ke Pengadilan tinggi. Salah satu diantara dua terduga pelaku yaitu Siti Aisyah yang merupakan warga negara Indonesia (WNI), kasusnya akan dilimpahkan ke Pengadilan Tinggi Shah Alam.

Berdasarkan pasal 177A, hakim Harith Sham Mohamed Yasin, meloloskan pelimpahkan kasus tersebut. Hal ini sesuai dengan tuntutan yang diajukan oleh jaksa Muhammad Iskanda Ahmad.

“Namun pihak pengadilan belum menentukan tanggal persidangan di pengadilan tinggi ini,” sebut media Malaysia, The Star, Selasa (30/5/2017).

Siti Aisyah bersama dengan warga negara Vietnam Doan Thi Huong, dituduh melakukan pembunuhan terhadap Kim Jong-Nam. Pria Korea Utara (Korut) yang merupakan kakak tiri dari pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un.

Jong-nam diyakini meninggal akibat zat beracun VX yang dipaparkan ke wajahnya pada 13 Februari di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2.

Sementara itu, kasus ini memicu ketegangan antara Malaysia dan Korea Utara. Sebelumnya, Korea Utara sempat menahan warga Malaysia yang kemudian diperbolehkan pulang, setelah Malaysia mengirim beberapa diplomat Korea Utara yang menjadi subyek penyelidikan.